AKBP Sumardji
JaBoDeTaBek Unggulan

AKBP Sumardji dan Layanan Cek Keaslian Surat Kendaraan

EksNews | Polda Metro Jaya merintis layanan pengecekan kebenaran identitas kendaraan di lapangan dengan data yang tersimpan di Direktorat Lalu Lintas. Salah satu manfaatnya adalah mengidentifikasi kendaraan dengan surat-surat bodong (palsu) maupun aspal (asli surat-suratnya tapi palsu datanya) jika masyarakat ingin membeli kendaraan bekas.

Layanan ini masih menggunakan istilah asing, Unstructured Suplementary Service Data (USSD). Jika diterjemahkan bebas, maksudnya tambahan layanan data tanpa petugas struktural. Mungkin bisa saja jadi Layanan Pengecekan Online Kendaraan.

Apapaun, layanan ini bisa diakses melalui dua provider. Caranya adalah dengan menelpon *368# untuk Telkomsel dan *368*1# untuk pengguna XL.

Kasubdit Regident Dirlantas Polda Metro Jaya AKBP Sumardji mengemukakan, dalam memberikan layanan kemudahan pengecekan informasi tersebut, Polda Metro Jaya siap bekerja sama dengan provider telco lainnya “Untuk layanan 386 itu memang tahap awal MoU kami baru dengan Telkomsel saja, belum dengan provider lain. Tapi bila memang ada provider lain yang mau bargabung kita terbuka. Artinya kita bikin kerjasama dan nanti jaringannya kita buka,” kata Sumardji, Jumat, 11/1/19.

Menurut Sumardji, layanan informasi kendaraan bermotor USSD meliputi pengecekan kendaraan, informasi pajak, pengingat jatuh tempo pajak reminder, hingga informasi soal SIM dan Samsat keliling. Sumardji yang juga Manajer klub Liga 1 Bhayangkara FC ini menjelaskan, nomor *368# bisa diakses melalui pengguna Telkomsel di Indonesia, namun untuk kendaraannya hanya untuk pelat nomor DKI Jakarta saja.

Mengakses itu semua cuma modal plat nomor polisi. Tak perlu data lain semacam KTP apalagi Kartu Keluarga. Ketika dicoba, memang super praktis.

Setelah mengetik *368# dan klik oke, maka akan muncul menu DITLANTAS PMJ. Pilih deh itu. Lantas akan muncul menu: Info ranmor, info pajak ranmor, info SIM keliling dan info Samsat Keliling.

Jika sudah memilih menu, kita diminta memasukkan nomor polisi dan wush… semua informasi terkait kendaraan yang dibutuhkan langsung tersedia melalui sms.

Layanan ini juga bermanfaat bagi yang sedang mencari mobil atau sepeda motor bekas. Dengan langkah yang sama, kita bisa mengetahui apakah kendaraan bekas yang akan kita beli legal atau tidak.

Selain info kendaraan bermotor, layanan USSD juga menyediakan banyak informasi. Misalnya, info pajak kendaraan bermotor. Lantas, ada pula pengingat pajak kendaraan. Jadi, pemilik kendaraan bermotor dapat mengecek tanggal jatuh tempo pembayaran pajak kendaraannya.

Nah, yang tak kalah penting, USSD juga menyediakan informasi tentang Samsat Keliling dan pembuatan SIM keliling.

Ini soal keamanan, kenyamanan. Sudah boleh dibilang internet of things belum?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *