Politik Unggulan

Jokowi Terganggu Contekan, Prabowo Santai-santai Saja

EksNews | Acara debat pertama untuk pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden tuntas sudah dengan masing-masing kubu biasa mengklaim kemenangan. Namun, satu hal, pasangan 01 (Jokowi-Ma’ruf) tampak sekali sering melihat contekan, sedangkan pasangan 02 (Prabowo-Sandi) santai-santai saja.

Nah, dalam debat kali ini, contekan justru tampak mengganggu performa Jokowi dalam menjawab berbagai pertanyaan dalam debat perdana Pilpres. Jokowi yang mendapatkan kesempatan pertama memberikan tanggapan terkait jawaban Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno terlihat terbata-bata. Matanya beberapa kali melihat ke arah bawah, ke arah catatan yang dipegangnya sejak awal

Begitu juga ketika Jokowi-sapaan Joko Widodo; menjawab pertanyaan seputar Hukum dan HAM yang terdapat dalam amplop yang dibuka moderator. Jokowi masih tampak melihat catatan yang dipegangnya.

Pasangan calon (Paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menjawab pertanyaan dalam amplop maupun menanggapi jawaban Jokowi. Keduanya menjawab dengan lugas tanpa catatan di tangan mereka.

Akurasi data memang mengganggu, namun kedua paslon memang menunjukkannya. Misalnya, paslon 01 kurang akurat mengenai data caleg mantan koruptor di Partai Gerindra. Sedangkan paslon 02 kurang akurat ketika membandingkan Jawa Tengah dengan Malaysia.

Debat perdana itu berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis malam, 17/1/19. Isu yang menjadi pembahasan debat adalah korupsi, hukum, HAM, dan terorisme.

Secara keseluruhan, pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinilai lebih unggul dibandingkan pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Penilaian panelis independen sudah beredar di dunia maya.

Aspek yang menjadi penilaian dalam tampilan debat kali ini adalah kesesuaian tema dengan wacana para paslon, sistematika alur berpikir, artikulasi dan intonasi, gaya dan mimik, kekompakan, dan ketepatan waktu. Dalam penilaia itu, angka yang diraih paslon 01 rata-rata berkisar antara 70,2-78,0, sedangkan rata-rata nilai paslon 02 berkisar antara 81,0-85,5.

Selanjutnya terserah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *