EkBis

Eka Tjipta Widjaja Tutup Usia

EksNews | Pendiri konglomerasi bisnis Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja, yang terlahir dengan nama Oei Ek-Tjhong, meninggal dunia pada Sabtu malam, 26 Januari 2019 di Jakarta. Sang taipan menghembuskan nafas terakhir di usia 98 tahun.

“Telah meninggal dunia pendiri Sinar Mas Bapak Eka Tjipta Widjaja pada usia 98 tahun. Pada pukul 19.43 WIB, Sabtu 26 Januari 2019. Jenazah disemayamkan di rumah duka RSPAD Gatot Subruto,” ujar Juru Bicara Grup Sinar Mas Gandhi Sulityanto.

Mengenai penyebab Eka Tjipta meninggal, Gandhi menuturkan karena faktor usia. “Meninggal karena usia,” kata dia. Eka Tjipta Widjaja lahir pada 1921 di Quanzhou, China.

Berdasarkan perhitungan terakhir Forbes di penghujung tahun 2018, Eka Tjipa Widjaja adalah orang terkaya nomor tiga di Indonesia. Hartanya ditaksir mencapai sekitar USD 8,6 miliar atau Rp 121,1 triliun pada 2011. Pada tahun 2018, ia tercatat memiliki aset senilai US$13,9 miliar (Rp 201,5 triliun) dan menduduki peringkat kedua orang terkaya di Indonesia menurut penghitungan Globe Asia.

Ia meninggal di kediamannya di Menteng, Jakarta Pusat dan disemayamkan di Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Kekayaannya akan diwariskan ke 15 anak-anaknya berasal dari dua pernikahan.

Para anak-anak Eka Tjipta Widjaja adalah Teguh, Oei Hong Leong, Franky, Indra, Frankle, Muktar, Jimmy, Fenny, Sukmawati, Ingrid, Nanny, Lanny, Inneke, Chenny, Meilay, dan Jetty. Semuanya membawa nama Widjaja.

Berawal dari bisnis makanan yang ia rintis saat remaja, kini Sinar Mas bergerak di berbagai lini dan telah menjadi kerajaan bisnis. Beberapa antaranya agribisnis, ritel, jasa keuangan, real estate, dan banyak lainnya.

Sejumlah perusahaan grup Sinar Mas pun sebagian mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan tersebut antara lain PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM), PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSA), PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI).

Kemudian, ada PT Smartfren Telecom Tbk (SMAR), PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA), dan PT Tjiwi Kimia Tbk (TKIM). Kini, Sinar Mas yang didirikan Eka Tjipta Widjaja di Makassar ini telah memiliki 380 ribu pegawai.

Selain itu, ada pula Eka Tjipta Foundation, sebuah yayasan di bidang pendidikan dan kenanusiaan yang dikelola keluarga Widjaja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *