Daerah Unggulan

Kapolda Bengkulu Irjen Supratman Resmi Sandang 2 Bintang

EksNews | Kepala Kepolisian Daerah Bengkulu kini menyandang pangkat Inspektur Jenderal (irjen) seiring peningkatan status Polda Bengkulu dari type B menjadi type A. Dengan begitu, pejabat tertinggi kepolisian di Bumi Rafflesia ini adalah Irjen Supratman yang menyandang dua bintang di pundaknya.

Upacara kenaikan pangkat Irjen Supratman berlangsung bersamaan dengan sejumlah perwira tinggi (pati) di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 21 November 2019 pagi. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memanggil para perwira tinggi TNI-Polri yang akan naik pangkat ke Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Rabu, 20 November 2019 sore.

Irjen Pol Supratman resmi menjabat sebagai Kapolda Bengkulu sejak 22 Januari 2019. Pria kelahiran Bengkulu 29 Juni 1962 ini kemudian ditunjuk lagi sebagai Kapolda Bengkulu yang sudah naik dari tipe B ke tipe A.

Penunjukan Supratman sebagai Kapolda Bengkulu itu berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor : ST/2024/X/KEP/2019 tanggal 21 Oktober 2019. Sedangkan penetapan Polda Bengkulu menjadi tipe A itu berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1964/X/2019 tanggal 14 Oktober 2019 tentang Perubahan Tipe Kepolisian Daerah Bengkulu dari Kepolisian Daerah Tipe B menjadi Kepolisian daerah Tipe A.

“Kita bersyukur dengan naik tipe ini, semoga akan membawa kemajuan bagi Bengkulu,” kata Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Supratman.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan ucapan selamat atas kenaikan pangkat Kapolda Bengkulu tersebut. “Selamat Pak Kapolda atas kenaikan pangkatnya menjadi Irjen Pol, semoga akan membawa kemajuan bagi Provinsi Bengkulu,” kata Rohidin.

Supratman, lulusan Akabri 1987 ini berpengalaman dalam berbagai bidang penugasan, mulai dari lantas, reserse, juga intelkam. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, sebelum dia menjabat sebagai Kapolda Bengkulu.

Riwayat Jabatan
Kasat Lantas Polres Bengkulu Selatan
Kasat Lantas Polres Bengkulu
Kasat Lantas Polres Jambi
Wakapolres Jombang
Wakapolres Mojokerto
Kabag Regident Dit Lantas Polda Lampung
Kabag Ops Polwiltabes Bandung
Kapolres Bandung
Wakapolwil Priangan
Widyaiswara Muda Sespim Polri
Kaden A Hartib Pusprovos Div Propam Polri (2010)
Pamen SDE SDM Polri (2010)
Analis Kebijakan Madya bidang Provos Divpropam Polri (2011)
Kabidpropam Polda Jabar (2011)
Analis Kebijakan Madya bidang Sespimmen Sespim Polri (2013)
Kayanma Polri (2015)
Widyaiswara Madya Sespim Polri (2016)
Direkonomi Baintelkam Polri (2017)
Direkonomi Baintelkam Polri (2017)
Wakapolda Jawa Barat (2017)
Kapolda Bengkulu (2019)

~Abus Tarbian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *