Politik Unggulan

PAN Mulai Rakernas, Ke Mana Arah Dukungan Kongres?

EksNews | Partai Amanat Nasional memulai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang membahas agenda kongres pada hari ini, Sabtu, 7/12/19. Rakernas berlangsung di Hotel Millenium, Jakarta Pusat mulai pukul 09.00 WIB.

Namun, suasana persaingan untuk memilih ketua umum partai ini mulai terasa. Ketua Umum Amien Rais sudah muncul di lokasi Rakernas pada Jumat petang, 6/11/19. Tak pelak, para awak media mengejarnya dengan berbagai pertanyaan. Ketika Ketua Dewan Kehormatan PAN itu hendak meninggalkan lokasi Rakernas, awak media mengajukan pertanyaan antara lain soal dukungannya terhadap calon ketua umum PAN menjelang Kongres.

Toh Amien belum banyak bicara. “Nanti, nanti. Mulai aja belum. Belum dukung-dukung,” kata Amien yang tampak didampingi Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap dan Wakil Sekretaris Jenderal PAN Saleh Daulay.

Namun, politisi PAN, Putra Jaya Husin, mengatakan para senior di partainya menginginkan Ketua UmuM PAN Zulkifli Hasan diganti. Para senior yang ia sebut antara lain Amien Rais, Soetrisno Bachir, dan juga Hatta Rajasa.

Putra bilang, ia telah berbicara dengan para senior itu. “Mereka minta ada perubahan kepemimpinan, confirmed ya, one hundred percent. Karena saya bicara langsung, bukan katanya-katanya,” kata Putra Jaya, Jumat, 6/12/19.

Hingga saat ini, sejumlah nama disebut-sebut berniat maju sebagai calon Ketua Umum PAN. Mereka ialah Zulkifli Hasan, Mulfachri Harahap, Asman Abnur, Dradjad H Wibowo, dan Bima Arya. Nama Hatta Rajasa juga muncul belakangan ini.

Meski begitu, Putra Jaya enggan mengaku ke mana arah dukungan para senior PAN. “Sebetulnya dalam hati masing-masing sudah ada, tapi saya enggak boleh buka,” ujarnya.

Putra menuturkan, salah satu alasan agar terjadi pergantian kepimpinan ialah turunnya perolehan suara dan kursi PAN di pemilihan legislatif 2019. Jumlah kursi DPR yang diduduki PAN pada 2019-2024 tercatat 44, padahal pada periode 2014-2019 masih 49.

Toh dalam acara pembukaan Rakernas terdengar dukungan untuk petahana Ketua Umum Zulkifli Hasan (Zulhas). Di sela pidato pembukaan Rakernas, terdengar sejumlah teriakan dukungan itu.

“Dua periode,” teriak peserta dari salah satu bagian.

Di bagian lain muncul teriakan berbeda. “Lanjutkan!!!”

Menanggapi dukungan itu Zulhas menutup pidatonya dengan berpantun:

Anak nelayan mengayuh sampan
Sampai didayung menuju ke tepian
Ayo semua kader PAN bergandeng tangan
Bersatu padu meraih kemenangan 2024 mendatang

Putri melayu asik berdendang
Menarik perhatian si anak bujang
Mari bersatu kita berjuang
Merebut kemenangan di pemilu mendatang

Rakernas yang dihadiri jajaran pengurus PAN dari berbagai daerah itu akan menentukan tuan rumah Kongres V Pan pada 2020 mendatang. Tampak hadir pula di acara Rakernas Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

Zulhas menyapa satu per satu elite PAN hingga seluruh peserta Rakernas. Sampai junpa di Kongres V PAN. ~Rodiatan Mardiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *