Nasional Unggulan

Gatot Eddy Pramono Jadi Wakapolri: “Mohon Doa…”

EksNews | Sempat menjadi pembahasan menjelang pengangkatan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri yang akhirnya dijabat oleh Irjen Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono malah mendapat promosi sebagai Wakil Kapolri (Wakapolri). Dengan jabatan Wakapolri, Gatot Eddy akan naik pangkat menjadi Komisaris Jenderal, tiga bintang di pundak, dan nama sandi Tribrata 2.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Idham Azis sudah memilih Gatot Eddy Pramono sebagai Tribrata 2 sebagaimana tertuang dalam Telegram Rahasia bernomor ST/330/XII/KEP/2019. Surat bertanggal Jumat, 20 Desember 2019 memastikan promosi jabatan Gatot Eddy menjadi Wakapolri menggantikan Komjen Ari Dono Sukamto yang akan memasuki masa persiapan purna bhakti.

Menanggapi promosi itu Gatot mengungkapkan syukur dan bertekad mengemban amanah yang lebih besar dalam tugas barunya untuk negara. Dia pun berjanji akan mencurahkan segenap kemampuannya untuk menjalankan tugas membantu kerja Kapolri.

“Mohon doa. Ini panggilan tugas untuk negara dan bangsa,” ungkapnya, Jumat 20 September 2019.

Gatot Eddy adalah Alumni Akademi Kepolisian Kelas 88 A, satu angkatan dengan Kapolri Idham Azis. Perwira polisi kelahiran Solok, Sumatera Barat pada 28 Juni 1965 ini, sangat menonjol dalam meredam kegentingan Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya menjelang, saat pelaksanaan pemilihan presiden, sidang gugatan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi, penetapan Komisi Pemilihan Umum, hingga pelantikan Presiden ketika menjabat Kapolda Metro Jaya.

Sebelum menjabat Kapolda Metro Jaya dan berikutnya Wakapolri, Gatot pernah dipercaya menjadi Kapolres Blitar, Sekretaris Pribadi Kapolri, dan Kapolres Metro Depok (2008). Selanjutnya, dia pernah menjabat Kapolres Metro Jaksel (2009), Direktur Reskrimum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya (2011), Analis Kebijakan Madya bidang Pidum Bareskrim Polri (2012), Kabagdukminops Robinops Sops Polri (2013).

Gatot pun pernah menduduki posisi Karolemtala Srena Polri (2014), Wakapolda Sulsel (2016), Staf Ahli Sosial Ekonomi (Sahlisosek) Kapolri (2017) dan yang terakhir Gatot menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri.

Pada 2018 Gatot juga dipercaya menjadi Ketua Satgas Nusantara. Satgas ini dibentuk agar Pilkada Serentak 2018 bisa berjalan aman dan lancar.

Selamat atas promosinya Pak. Semoga sukses menjalankan amanah di penugasan yang baru! ~Dedi M Suharta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.