EkBis Unggulan

Hasil RUPS PLN: Zulkifli Zaini Dirut, Amien Sunaryadi Komut

EksNews | Akhirnya susunan dewan direksi dan komisaris PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN terbentuk dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang berlangsung Senin 23 Desember 2019. RUPS sepakat memutuskan antara lain Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PLN. Sedangkan di dewan komiaris, pemegang saham menunjuk Amien Sunayadi sebagai Komisaris Utama PLN.

Selai itu, Selain itu RUPS juga mengangkat dan menentapkan Suahasil Nazara sebagai Wakil Komisaris Utama. Untuk jajaran Direksi, RUPS juga mengangkat dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Wakil Direktur Utama dan Sinthya Roesly sebagai Direktur Keuangan.

Menteri BUMN Erick Thohir mewakili pemegang saham pemerintah mengungkapkan penunjukan Zul dan Amien berdasarkan rekam jejak dan kinerja keduanya. “Baik Pak Amien maupun Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan dirut dan komut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas Pemerintah,” ungkapnya usai RUPS yang berlangsung di Kantor Kementerian BUMN Jakarta.

Erick menambahkan, Zulkifli dan Amien mengemban tugas besar di PLN. Salah satunya, merealisasikan rasio elektrifikasi sebesar 100 persen di Indonesia hingga menciptakan tarif listrik yang efisien baik untuk masyarakat maupun industri. Selain itu, komut dan dirut PLN baru juga mendapat tugas meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan sebagai sumber listrik.

“PLN juga akan membentuk ekosistem bisnis yang sehat dengan swasta, BUMD dan BUMDes dalam memproduksi listrik. PLN akan fokus pada distribusi,” sambung Erick.

Sebelumnya, posisi direktur utama PLN kosong cukup lama. Tugas utama dirut perusahaan negara tersebut dipegang oleh pelaksana tugas. Kekosongan ini menyusul penetapan Sofyan Basir sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus korupsi pembangunan PLTU Riau-1. Pengadilan Tindak Pidana Korupsi membebaskan Sofyan dari dakwaan korupsi ini.

Berikut Susunan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi PLN hasil RUPS pada 23/12/19:

Jajaran Komisaris

  1. Amien Sunaryadi: Komisaris Utama/Komisaris Independen
  2. Suahasil Nazara: Wakil Komisaris Utama
  3. Ilya Avianti: Komisaris
  4. Rida Mulyana: Komisaris
  5. Deden Juhara: Komisaris Independen
  6. Budiman: Komisaris

Jajaran Direksi PLN:

  1. Zulkifli Zaini: Direktur Utama.
  2. Darmawan Prasodjo: Wakil Direktur Utama.
  3. Sinthya Roesly: Direktur Keuangan
  4. Sripeni Inten Cahyani: Direktur Pengadaan Strategis 1.
  5. Djoko Raharjo Abumanan: Direktur Pengadaan Strategis 2.
  6. Muhamad Ali: Direktur Human Capital Management.
  7. Syofvi Felienty Roekman: Direktur Perencanaan Korporat.
  8. Haryanto WS: Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali
  9. Syamsul Huda: Direktur Bisnis Regional Sulawesi dan Kalimantan
  10. Ahmad Rofiq: Direktur Bisnis Maluku, Papua dan Nusa Tenggara.
  11. Wiluyo Kusdwiharto: Direktur Bisnis Regional Sumatera.

“Keluarga besar PLN mengucapkan selamat bertugas dan akan mendukung penuh kepemimpinan Zulkifli Zaini sebagai Dirut PLN dan Amien Sunaryadi Komisaris Utama PLN,” ungkap Vice President Public Relation PLN Dwi Suryo Abdullah, di Jakarta, Senin, 23/12/19.

PLN, sambungnya, juga terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan prima bagi seluruh pelanggan di Tanah Air, Serta mengejar target ratio elektrifikasi 100 persen. ~Heldian Effendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *