Nasional

Kapolri Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 24 Pati dan Pamen di Mabes

EksNews | Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memimpin upacara kenaikan pangkat perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen). Total ada 24 perwira yang yang mendapat kenaikan pangkat. Tiga di antaranya untuk jabatan tinggi strategis dengan pangkat Komjen.

Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono kini berpangkat Komjen serta menjabat sebagai Wakapolri. Kenaikan pangkat dan jabatan ini berdasar Surat Telegram Nomor ST/3330/XII/KEP/2019 bertanggal 20 Desember 2019.

Gatot menggantikan Komjen Pol Ari Dono Sukmanto yang sudah pensiun. Sedangkan Irjen Listyo Sigit Prabowo menjabat sebagai Kabareskrim Polri yang sebelumnya dijabat Idham Azis. Kemudian posisi Kabaharkam Polri akan diisi oleh Irjen Pol Agus Andrianto.

Ketiganya mendapatkan kenaikan pangkat menjadi Komisaris Jenderal (Komjen) dengan lambang bintang tiga di bahunya. Rotasi keduanya tercantum dalam Surat Telegram Nomor ST/3229/XII/KEP/2019 bertanggal 6 Desember 2019.

“Selamat kepada rekan-rekan yang mendapatkan kenaikan pangkat. Semoga kenaikan pangkat ini memacu dan motivasi teman-teman dan mengabdikan diri kepada institusi polri,” kata Idham di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 26 Desember 2019.

Selain itu, sembilan perwira tinggi Polri mendapat kenaikam pangkat Irjen. Lalu 12 lainnya naik menjadi Pati dari Kombes menjadi Brigjen.

Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Telegram Nomor ST/3330/XII/KEP/2019 tertanggal 20 Desember 2019, jabatan kedua tertinggi di Korps Bhayangkara resmi berpindah. Idham juga menggeser beberapa posisi Kapolda.

Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto dimutasikan sebagai Pati Polri dalam rangka pensiun. Sebagai penggantinya, Idham mempromosikan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Dalam Surat Telegram lainnya dengan Nomor ST/3331/XII/KEP/2019 dengan tanggal yang sama, Idham menunjuk Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Nana Sujana sebagai pengganti Gatot. Kemudian Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir dipilih untuk meneruskan tongkat kepemimpinan di Polda NTB.

Berikut 24 pati dan pamen Polri yang mendapat kenaikan pangkat:

Dari Irjen Ke Komjen:

  1. Komjen Pol Gatot Eddy Pramono,
  2. Komjen Pol Agus Andrianto,
  3. Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo

Dari Brigjen Ke Irjen:

  1. Irjen Pol Hapsoro Wahyu Priyanto,
  2. Irjen Pol Yohanes Prapto Wirahardi,
  3. Irjen Pol Djoko Mulyono,
  4. Irjen Pol Alexander Marten Mandalika
  5. Irjen Pol Syafril Nursal
  6. Irjen Pol Hedro Sugiatno
  7. Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra
  8. Irjen Pol Herry Rudolf Nahak
  9. Irjen Pol Ignatius Sigit Widiatmono

Dari Kombes Ke Brigjen:

  1. Brigjen Pol Eddy Purwatmo
  2. Brigjen Pol Achmad Fahruz Zaman
  3. Brigjen Pol Leonidas Braksan
  4. Brigjen Pol Heri Sulistianto
  5. Brigjen Pol Rudy Sumardiyanto
  6. Brigjen Pol Andhi Hartoyo
  7. Brigjen Pol Sang Made Mahendra Jaya
  8. Brigjen Pol Umar Effendi
  9. Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji
  10. Brigjen Pol Rudi Darmoko
  11. Brigjen Pol Dadang Hartanto
  12. Brigjen Pol Slamet Uliandi

~Abus Tarbian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *