Uncategorized

Jajaran Polres Jakarta Selatan Dorong Empati dan Ikatan Sosial Antarwarga

EksNews | Jajaran Polres Metro Jakarta Selatan mengantisipasi dampak wabah virus corona dan penyakit Covid-19 terhadap stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Salah satunya adalah membangun empati dan ikatan sosial antarwarga dalam menghadapi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Ibu Kota Jakarta.

“Pengembangan empati dan ikatan sosial ini antara lain mendorong para warga yang mampu memberikan paket sembako kepada warga sekitar yang terdampak sosial dan ekonominya oleh wabah corona,” ungkap Kepala Polres Metro Jaksel Kombes Budi Sartono melalui aplikasi Whatsapp, Kamis, 9/4/20. Kali ini, ujarnya, kegiatan konkretnya berlangsung di Rumah SIWALI Kompleks Taman Alfa Indah RW 007, Petukangan Utara, Pesanggrahan.

Sebagai pelaksana lapangan, lanjutnya, Polsek Pesanggrahan dan unsur tiga pilar tingkat horisontal lainnya (personel Koramil dan Kecamatan Pesanggrahan) turun tangan mendampingi kegiatan pembagian 165 paket sembako kepada warga yang membutuhkan.

Kehadiran personel tiga pilar dari unsur pemerintahan, kata Kapolres bertujuan memastikan bahwa kegiatan mengikuti prosedur tetap mencegah penyebaran wabah virus corona dan pnyakit Covid-19. “Teknis penyerahan sembako berlangsung dengan menjaga jarak dua meter antarwarga dengan didampingi personel tiga pilar,” ujar Kapolres Budi.

Tujuan pembagian sembako ini, sambung Kapolres, untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu menghadapi situasi wabah saat ini sekaligus membangun rasa empati dan ikatan sosial antarwarga. “Dengan demikian, diharapkan terbentuk pengertian di semua lapisan masyarakat bahwa wabah virus corona dan penyakit Covid-19 adalah masalah bersama yang harus diatasi dengan gotong-royong dan kebersamaan. Bukan saling menyalahkan,” ungkap Kombes Budi.

Pembukaan acara pembagian sembako dimulai pada pukul 09.00 WIB hingga menjelang tengah hari. Acara di Rumah Siwali ini berlangsung lancar dan dalam suasana kekeluargaan.

Ia menjelaskan, Polres Jakarta Selatan mendorong jajarannya dan warga Jakarta Selatan lainnya untuk melanjutkan kegiatan ini di lokasi masing-masing. “Kami berterima kasih atas saling pengertian antarwarga dan mendorong warga mampu lainnya untuk mengembangkan emphaty building and social bonding ini di tempat masing-masing. Dengan begitu, kita dapat berharap kondisi Kamtibmas di Jakarta Selatan selama PSBB dan masa selanjutnya akan tetap stabil,” tandasnya. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *