JaBoDeTaBek

Rombongan Juga ke Dapur Umum Priok dan TPU Protap Covid-19 Tegal Alur

EksNews | Selain berkunjung ke dapur umum di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Johar Baru, Jakarta Pusat, Kapolda Metro Jaya dan rombongan juga mengecek satu dapur umum lagi di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Rangkaian kunjungan pada Rabu, 15/4/20 itu berakhir dengan meninjau Taman Pemakaman Umum Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, yang dikhususkan untuk melaksanakan pemakaman dengan prosedur tetap Covid-19.

Dapur umum di Tanjung Priok berlokasi di Danau Cincin, Kelurahan Papanggo. Di lokasi ini Kesatuan Brimob dari Resimen Kedung Halang, Bogor, Jawa Barat mendirikan dapur umum. mengerahkan 44 personel di bawah pimpinan Komisaris Polisi Patriya.

“Dapur umumnya berupa kendaraan khusus yang didesain untuk melaksanakan kegiatan di lapangan. Selain itu, disediakan pula kendaraan tangki air mengingat wilayah Jakarta Utara kadang kesulitan air layak minum,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Selain kendaraan dapur umum dan mobil tangki air, sambungnya, tersedia pula mobil angkutan logistik dan kendaraan kabin yang memiliki sound system untuk keperluan lapangan. “Sedangkan para personel akan tinggal di tenda di dekat lokasi,” kata Yusri.

Menurut dia, dapur umum Danau Cincin ini akan melayani warga di Kelurahan Papanggo dan Warakas yang terdampak oleh Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sekaligus mencegah perluasan wabah virus corona dan Covid-19.

Selain Kapolda Irjen Nana Sudjana dan Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto, dalam rombongan yang berkunjung ke dapur umum Tanjung Priok ini tampak antara lain Komandan Pasukan Pelopor Brimob Polda Metro Jaya Brigjen Pol Ferdianto, Kasdam Jaya Brigjen TNI Saleh Mustofa, Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol RP Argo Yuwono, Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto beserta jajaran

Terlihat pula Wali Kota Jakarta Utara Sigit Widjatmoko, Dandim 0502 Jakut Kolonel Kav Tri Handaka, Danyon Brimob Polda Metro Jaya Kompol Jerold, Danramil Tanjung Priok Mayor Inf Agus Wicaksono, Komandan BKI C Kodam Jaya Kapten Inf Suhandi, Camat Tanjung Priok Syamsul Huda, Kapolsek Tanjung Priok Kompol Budi Cahyono, Kasudin Perhubungan Jakarta Utara Harlem Simanjuntak, juga Kasatpol PP Tanjung Priok Evita.

Usai kunjungan ke Tanjungpriok, rombongan Kapolda bersama Kabaharkan Polri melanjutkan kunjungannya ke TPU Tegal Alur. “Kunjungan kali ini bertujuan mensurvei lokasi pemakaman dengan protap Covid-19,” ungkap Yusri.

Tampak dalam rombongan yang berkunjung ke TPU Tegal Alur antara lain Aslog Polri Irjen Ahmad Dhofiri, Karopenmas Polri Brigjen Pol RP Argo Yuwono, Kasdam Jaya Brigjen TNI M Saleh Mustofa, Direktur Samapta Polda Metro Jaya Kombes M Ngajib, Kapolres Metro Jak-Bar Kombes Audie S Latuheru, juga Kapolsek Kalideres Kompol Indra Maulana Saputra.

Hadir pula Dandim Jakarta Barat Kolonel Kav Valian Wicaksono Magdi, Danramil Kalideres Kapten Inf Abdul Kholik, dan Camat Kalideres Naman Setiawan.

Menurut Yusri, Kabaharkam dan Kapolda Metro Jaya ingin memastikan ketersediaan alat pelindung diri (APD) bagi para petugas pemakaman yang antara lain adalah personel Direktorat Samapta Polda Metro Jaya selain petugas TPU yang bertugas di sana. Bertindak sebagai penanggung jawab lapangan untuk keamanan dan keselamatan petugas pemakaman adalah Kapolsek Kalideres Kompol Indra Maulana Saputra.

“Mereka yang bertugas dalam pemakaman dengan Protap Covid-19 adalah pejuang dalam menghadapi wabah karena risiko tugasnya tinggi. Jadi, keselamatannya mendapat perhatian pimpinan,” ungkap Yusri.

Total yang menangani pemakaman dengan Protap Covid-19 berjumlah sekitar 100 orang. Dalam kunjungan ke TPU Tegal Alur, rombongan juga sempat menyampaikan bingkisan kepada para petugas pemakaman dan keluarga duka yang kebetulan hadir di sana. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *