Nasional

Baharkam Jadikan Polda Metro Percontohan Pangan di Tengah Wabah Covid-19

EksNews | Korps Bina Masyarakat Badan Pemeliharaan Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korbinmas Baharkam Polri) menunjuk Polda Metro Jaya sebagai proyek percontohan program menjaga ketahanan pangan di masyarakat pada masa pandemi COVID-19. Bersamaan dengan itu Korbinmas Baharkam Polri juga meluncurkan program Solidaritas Sosial Bhabinkamtibmas Peduli Lingkungan di Kelurahan Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Ini kegiatan strategis, Polda Metro Jaya dipilih sebagai proyek percontohan. Kalau berhasil akan diundang seluruh Direktur Binmas Polda untuk melaksanakan proyek ini di tempatnya masing-masing,” kata Dir Bintibmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Tajuddin dalam sambutan di acara yang berlangsung pada Rabu, 29/4/20. Menurut dia, kegiatan dalam program ini bertujuan mengajak masyarakat memanfaatkan lahan kosong untuk dikelola dan ditanami aneka tanaman baik itu sayur-sayuran maupun tanaman semusim lainnya.

Tajuddin menjelaskan, program ini melibatkan tiga pilar yang ada di wilayah yakni anggota Bhabinkamtibmas (Polri), Babinsa (TNI) dan Lurah (Pemda) yang bergerak di masyarakat untuk membantu mensosialisasikan kepada masyarakat cara memanfaatkan lahan kosong untuk menanam bibit sayuran, baik secara alami maupun hidroponik.

Pada program ini, Korbinmas Baharkam Polri menggandeng organisasi masyarakat Forum Komunikasi Doa Bersama (FKDB) yang perhatian dalam membantu pemerintah di bidang ketahanan pangan. Menurut Tajudin, selama masa pandemi akses masyarakat untuk mendapatkan pangan cukup terbatas, karena COVID-19 mengganggu segala sendi kehidupan baik kesehatan, sosial maupun ekonomi.

Keterbatasan dan kendala ini, lanjut dia, berpotensi untuk munculnya kriminalitas di masyarakat karena terdesak kebutuhan perut atau makan. Melalui program ini, lanjut dia, masyarakat mengajak masyarakat mandiri menyediakan kebutuhan pangannya dimulai dari rumah sendiri.

“Dengan menanam aneka sayur-sayuran ini, tentu masyarakat bisa mencukupi kebutuhan pangannya, tidak perlu lagi harus membeli,” katanya.

Dalam kegiatan ini, diserahkan bantuan 4.500 bibit tanaman sayuran dan tanaman semusim kepada perwakilan Bhabinkamtibmas, Babinsa, Lurah dan tokoh masyarakat. Antara lain benih terong ungu, cabe kerting, kunyit, tomat, bawang daun, dan seledri.

Selain itu, juga disalurkan bantuan pupuk organik dari bahan batu bara yang mampu meningkatkan produksi tanaman. Benih dan pupuk organik ini selanjutnya akan disalurkan ke Polres sewilayah Polda Metro untuk ditanam di masing-masing lokasi.

Sejumlah pejabat hadir dalam acara ini. Selain Brigjen Tajuddin, tampak antara lain, Dirbinpotmas Korbinmas Baharkam Polri Brigjen Pol Edy Murbowo, Kabag Opsnalev Hendi Handoko, Kasubdit Bhabinkamtibmas Korbinmas Kombes Suroso Miharjo, Kasubdit Polmas Korbinmas Kombes Iwan Setiawan, Dirbinmas Polda Metro Jaya diwakili oleh Kabag Ops Dit Binmas AKBP Kristiawan, Kasat Binmas Polresto Jaksel AKBP Wahyu.

Hadir pula Lurah Ciganjur Hifdzillah beserta unsur tiga pilar, juga Pengasuh Ponpes Al Mawardah KH Abdullah Hasani serta Ketua FKDB H Ahmad Zaki. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *