Aneka

Giliran Pos Kamling Kalimanggis Bekasi Dapat Kunjungan Dir Binmas

EksNews | Setelah mengunjungi Pos Kamling di Jakarta dan Tangerang, Banten, kali ini giliran Pos Keamanan Lingkungan di Bekasi, Jawa Barat, yang mendapat kunjungan Direktur Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Badya Wijaya dan Kasubdit Bin Polmas Polda Metro Jaya AKBP Sri Wardiningsih. Pos Kamling yang menjadi tempat kunjungan kali ini berlokasi di RT 001/RW003 Jalan Kalimanggis, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi.

Kunjungan ini dalam rangka mengantisipasi timbulnya dampak negatif selama wabah penyakit virus corona (Covid-19) terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) sekaligus meningkatkan kewaspadaan masyarakat seiring dengan program asimilasi warga binaan lembaga pemasyarakatan, serta persiapan fase New Normal. Dalam sambutanya Dir Binmas Kombes Pol Badya Wijaya mengapresiasi antusiasme warga dalam mengaktifkan kembali kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling) di Kampung Kalimanggis.

“Kita melaksanakan perintah Kapolda Metro Jaya untuk mengaktifkan kembali keberadaan Poskamling, sebagai bentuk sispam swakarsa,” ungkap Kombes Badya dalam kunjungan yang berlangsung Selasa malam, 02/06/20. Menurut Dir Binmas, siskamling yang baik perlu mengikutsertakan warganya dan konsisten mengaktifkannya sebagai sistem yang sangat teruji dapat menurunkan angka kejahatan apabila dilaksanakan dengan rasa penuh tanggung jawab dan berkesinambungan.

Tampak hadir dalam kegiatan itu antara lain Kasubdit Bin Polmas AKBP Sri Wardiningsih, Kasatbinmas Polrestro Bekasi Kota, AKBP Wiyono, Kasi Bin Orsosmas, Kompol Sulistio, Kasi BinKommas Kompol Rendy AR, Kapolsek Pondok Gede Kompol Hersiantony, dan Kanit Binmas Polsek Pondok Gede Iptu Murjito. Hadir pula Wakil Ketua DPRD Kota Bekasi H Edi, Camat diwakili Sekcam Jati Sampurna Endang Supratman, Lurah Jati Karya Sulatifah, Ketua RW 03 H Kanta, Tilawah Nana Suhendra, Bhabinsa Jati Karya Serda Selamet, Ketua RW 06, Ustadz Herman Indriawadi, Satpol PP Kec Jati Sampurna, Pokdarkamtibmas, pegiat Pos Kamling, Ibu-ibu PKK RW 03, dan Karang Taruna RW 03.

Selain soal siskamling, Kombes Badya jjuga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama, anggota Dewan, Tiga Pilar, Pokdar Kamtibmas, dan Satpol PP yang telah membantu pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Bekasi Kota. “Keberhasilan kita semua menaati PSBB untuk menekan angka kasus Covid-19 khususnya di Kota Bekasi, dibuktikan dengan adanya kunjungan Presiden Jokowi ke Bekasi Kota,” imbuhnya.

Selanjutnya Kombes Badya mengungkapkan Pos Kamling RW 03 Kampung Kalimanggis akan dijadikan Kampung Tangguh Nusantara. “Kampung Tangguh Nusantara yaitu tangguh terhadap hoax, anti-tawuran, anti-narkoba dan tangguh menghadapi Covid-19,” tandas Dir Binmas.

Mengenai fase new normal, Dir Binmas mengatakan pemerintah akan menerapkan fase itu dan agar warga dapat menyesuaikan diri. Dalam fase New Normal, kata dia, TNI dan Polri adalah garda terdepan dibantu para pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya untuk menerapkan kehidupan New Normal. “New Normal harus kita sambut tanpa euforia (gembira berlebihan), serta perlu mengikuti prosedur tetap protokol kesehatan seperti menjaga jarak, wajib memakai masker, menjaga kesehatan, rajin mencuci tangan. Juga hindari kerumunan karena virus corona penyebab Covid-19 sangat senang dengan kerumunan massa,” jelasnya lagi.

Kombes Badya menegaskan, segenap warga perlu mengantisipasi dampak wabah Covid-19 yang luar biasa terhadap banyak sendi kehidupan masyarakat, antara lain Kamtibmas, sosial dan ekonomi, selain kesehatan. “Jadi, selain menjaga kesehatan, segenap warga perlu juga berpartisipasi memelihara kamtibmas. Sinergitas TNI dan Polri tidak bisa berjalan dengan baik tanpa peran serta masyarakat,” ungkapnya. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *