JaBoDeTaBek

Kapolres Jakbar: Waspada Peredaran Narkoba di Masa AKB Covid-19 Tetap Tinggi

EksNews | Tim Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat berhasil mengungkap tiga kasus peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang dalam sepekan masa adaptasi kebiasaan baru saat Covid-19 awal Juli 2020. Secara keseluruhan, tim ini berhasil menggagalkan peredaran narkoba dengan menyita 18,1 kilogram narkoba jenis sabu, satu kg narkoba jenis daun ganja, 1.219 butir pil ekstasi, dan 290 butir H5.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S Latuheru mengemukakan, masa AKB saat ini banyak dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengedarkan narkoba. “Kami sudah menelusuri jaringan narkoba saat ini yang memanfaatkan masa new normal dan saat pemerintah pertama kali menetapkan PSBB untuk melakukan peredaran gelap narkoba,” ungkap Kombes Audie dalam video conference, Senin, 13/7/2020.

Ia mengungkapkan, dalam kasus pertama, penangkapan berlangsung pada Senin 6 Juli 2020 sekitar pukul 23.00 WIB di Jalan Condet Raya Jakarta Timur di bawah pimpinan Kanit 3 AKP Fiernando Adriansyah. Pada kejadian tersebut, mereka berhasil menangkap seorang pengedar berinisial A dan menyita 1.219 butir pil ekstasi, satu paket sabu dengan berat brutto 53,40 gram serta 290 butir H5 dalam jok motor milik pelaku. Dari kasus ini petugas menangkap seorang pengedar berinisial RS alias A dan menyita 1.219 butir pil ekstasi, 1 paket sabu dengan berat brutto 53,40 gram dan 29 lempeng ( 290 butir) pil H-5 didalam jok motor milik pelaku,

Penangkapan ke dua berlangsung pada Rabu 8 Juli 2020 di sebuah perumahan Bintaro Jaya, Jalan Tekukur Raya, Rengas Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten. Team Sus 1 di bawah pimpinan Kanit 1 AKP Bangun berhasil mengamankan dua pelaku RK dan MA serta sebuah mobil honda Mobilio dengan tiga plastik besar hitam berisi 18 bungkus yang berisikan narkoba jenis sabu.

Sedangkan penangkapan ketiga berlangsung Jumat, 10 Juli 2020. Unit 3 Sat Narkoba Polres berhasil menggagalkan peredaran gelap narkoba di kamar kost, Jalan Pisang Raya, Serpong, dan di Jalan Raya Puspiptek, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan. Dan penanganan di dua tempat ini petugas mengamankan dua pengedar berinisial FB ( 28 ) dan FS ( 27 ) beserta barang bukti narkoba berupa satu paket besar daun ganja dengn berat 1 kg dan satu paket tembakau sintetis seberat 1,12 gram.

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Ronaldo Maradona Siregar menjelaskan, rangkaian kasus dalam sepekan ini seorang pelaku antaranya harus merasakan timah panas di kaki kanannya. “Ya karena yang bersangkutan berusaha melawan ketika hendak ditangkap,” ujarnya ketika mendampingi Kapolres.

Selain itu, kata Ronaldo, rangkaian ketiga kasus dalam sepekan ini akan berlanjut dengan pendalaman untuk pengembangan penyelidikan berikutnya. “Sementara yang sudah tertangkap akan diproses hukum untuk dilimpahkan ke pengadilan,” tandasnya.

Para tersangka kasus narkoba ini dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 sub Pasal 112 ayat 2 sub Pasal 111 ayat 2 junto Pasal 132 UURI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman seumur hidup. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *