Nasional Unggulan

Advokat Razman Duga Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung Disengaja

EksNews | Kebakaran gedung utama Kejaksaan Agun RI pada Sabtu malam, 22/8/20 menimbulkan banyak dugaan. Advokat Razman Arif Nasution, misalnya, menduga kebakaran itu merupakan kesengajaan untuk menghilangkan dokumen dan barang bukti kasus Djoko Tjandra dan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya.

“Pak Presiden Joko Widodo hendaknya segera memerintahkan Polri mengusut peristiwa ini,” kata Razman. Menurut dia, hal ini sangat penting untuk mencegah dugaan dan spekulasi di tengah masyarakat, antara lain terkait penanganan kasus Djoko Tjandra dan skandal BUMN Asuransi Jiwasraya.

Sebelumnya Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Hari Setiyono mengatakan pihaknya memiliki cadangan bila ada dokumen yang ludes dalam kebakaran di Kejaksaan Agung. “Kami punya cadangan data jika seandainya ada yang terbakar,” ungkap Hari Setiyono.

Namun Razman menegaskan kalaupun data dan barang bukti terselamatkan, kebakaran di lokasi objek vital di bidang penegakan hukum hendaknya menjadi perhatian masing=masing instansi . Pendiri Firma Hukum RAN ini mengingatkan instansi penegak hukum lainnya untuk waspada dan mencegah peristiwa yang sama terulang. “Gedung Mabes Polri dan KPK misalnya,” kata dia.

Kebakaran di gedung Utama Kejaksaan Agung terdeteksi dari nyala api yang terlihat sekitar pukul 19.15 WIB di lantai enam. Hingga sekitar tiga jam setelahnya api masih terus berkobar melumat tujuh lantai gedug utama Kejaksaan Agung yang berlokasi di Jala Hasanudin Dalam, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan itu. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *