JaBoDeTaBek Unggulan

Operasi Yustisi Sudah Mulai | Wakapolri dan Kapolda Sidak Stasiun Tanah Abang

EksNews | Operasi Yustisi untuk mencegah wabah Covid-19 mulai berlangsung. Wakil Kapolri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono bersama Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sudjana AS menginspeksi secara mendadak pelaksanaan operasi ini di kawasan Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat pagi, 11/9/20.

“Sidak ini untuk melihat bagaimana masyarakat yang datang dari beberapa daerah ke Jakarta, apakah mereka sudah disiplin protokol kesehatan,” ujar Wakapolri. Hasilnya, kata dia, petugas menemukan beberapa orang yang tidak mengenakan masker.

Yang tanpa masker itu, sambungnya, masih bisa ditertibkan. “Kalau kita liat aturan-aturannya tadi pak Kadaop sudah membuat aturan yang sangat ketat ketika antrean jaraknya ada dan juga ada pembatasan-pembatasan di dalam kereta. Salah satu gerbong tadi menurut Kadaop kalau penuh bisa sampai 200-an orang. Dan tadi dibatasi 70 orang dengan menggunakan masker dan protokol Covid-19,” kata Komjen Gatot.

Alhasil, mereka semua mendapat teguran dan diberi masker untuk dikenakan sebagai bagian kegiatan program lima juta masker gratis untuk warga Jakarta dan wilayah penyangganya. “Ini salah satu bentuk sosialisasi kami agar masker kelak menjadi budaya baru di dalam new normal ini,” kata Komjen Gatot.

“Kita ingatkan saja ke penumpang atau warga. Kita tetap mengedepankan langkah-langkah persuasif dan humanis. Sehingga masker ini menjadi satu lifestyle, gaya hidup. Penerapan di statiun ini (Tanah Abang) sudah sangat baik. Selama 24 jam penumpang terpantau terus,” tandas Gatot Eddy.

Komjen Gatot mengatakan kepolisian akan melibatkan unsur masyarakat dalam mengawasi dan menegakkan disiplin memakai masker. Salah satu contohnya seperti mengajak jagger atau preman untuk mengawasi disiplin masyarakat. “Kami lakukan adalah membuat penegak-penegak disiplin di internal atau penegak disiplin berbasis komunitas,” kata Wakapolri. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *