JaBoDeTaBek

Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Kerahkan 6.800 Personel Gabungan

EksNews | Hasil rapat para pemangku kepentingan pelaksanaan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) ulang yang ketat, Senin, 14/9/20 memutuskan pembentukan satuan tugas masing-masing instansi. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengemukakan, rapat itu juga memutuskan penyusunan koordinasi untuk mengerahkan 6.800 ribuan personel gabungan antarinstansi.

“Hasil rapat kemarin, memang kita akan membentuk satgas-satgas. Baik itu satgas di tingkat provinsi yang isinya sama semuanya dari TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Pengadilan dan Kejaksaan, satuan tugas untuk melakukan yustisi penindakan kepada masyarakat. Dasarnya adalah Pergub 79 tentang penindakan disiplin,” ungkap Kombes Yusri di Mapolda Metro Jaya, Selasa, 15/9/20. Rapat ini, sambungnya, merupakan tindak lanjut terhadap pemberlakuan PSBB ulang di Ibu Kota.

Sehari sebelumnya, Senin 14/9/20, Kombes Yusri mengemukakan rapat itu memang terkait upaya penegakan hukum agar masyarakat disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan. Penegakan hukum ini demi mencegah perluasan wabah Covid-19.

“Rapat koordinasi ini membahas bagaimana teknis di lapangannya untuk bisa menyatukan persepsi bersama-sama dengan teman-teman dari TNI-Polri kemudian Pemda. Karena kita juga mengacu kepada Pergub baru dalam hal penindakan disiplin kepada masyarakat,” jelas Kombes Yusri.

Menurut Yusri, penindakan dilakukan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan terkait Covid-19. “Yang kita harapkan di sini masyarakat bisa disiplin, patuh,” ujarnya.

Pengulangan PSBB disertai dengan pengetatan disiplin dan kepatuhan diterapkan di Ibu Kota mengingat peningkatan kasus warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Jakarta terdeteksi meningkat pada pertengahan Agustus hingga awal pekan pertama September. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkoordinasi dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Satgas-satgas di bawahnya sepakat menerapkan pegetatan saat PSBB ulang kali ini. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.