Hukum Unggulan

Perjodohan di Medsos Berujung Penipuan | Sampai Ludes Rp15,8 Miliar

EksNews | Gegara perjodohan melalui aplikasi media sosial, seorang wanita Indonesia berinisial IE menjadi korban penipuan warga negara asing. Selama berpacaran tiga bulan IE kehilangan Rp15,8 miliar diakali oleh F, warga asing, yang masih menghilang hingga sekarang.

Para tersangka adalah HT, 35; BHT, 21; R, 40; AF, 40; dan WH, 36. Mereka ditangkap di lokasi berbeda di kawasan Jakarta Utara hingga Sumatera Selatan. Sedangkan F sudah menghilang sejak Juli 2020.

“Modusnya F berkenalan ke wanita melalui medsos dan dipacari melalui medsos. Ngakunya dia berada di Inggris, Eropa dengan gunakan bahasa Inggris fasih. Setelah pacaran, korban minta video call tapi ditolak F,” kata Kombes Yusri dalam konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat, 27/11/20.

Ringkas cerita, F mengakali uang ke korban secara bertahap dengan dalih investasi serta mengurus klaim asuransi ayah dari F. Korban pun mengikuti kemauan F dengan mengirimkan uang ke rekening penampungan yang dibuat oleh kaki tangan dari F yang berada di Indonesia.

“Korban ini mau saja padahal kurun waktu Mei sampai Juli hampir tiga bulan dia meraup uang korban dengan rayuannya sejumlah Rp15,8 miliar. Setelahnya, korban sadar karena F menghilang dan memblokir kontak korban,” ungkap Yusri.

Skema pengiriman uangnya korban mentransfer uang ke rekening tampungan yang dibuat oleh tersangka HIT dan BHT. Kedua tersangka itu kemudian menyetor uang ke tersangka R dan AF yang berperan menghitung uang tersebut.

Kemudian, R dan AF mengirimkan uang itu ke tersangka WH yang perannya sebagai orang kepercayaan F. Kemudian, WH membagikan uang hasil kejahatannya ke tersangka lainnya sesuai tugasnya.

Atas perbuatanya, para tersangka yang telah ditangkap itu dikenakan Pasal 55 atau Pasal 56, Pasal 378 dan UU nomor 8 tahun 2010 tentang TPPU dengan ancaman hukuman hingga 20 tahun penjara. Sedangkan F entah di mana dia berada. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *