Daerah Unggulan

Hitungan KPU: Rohidin Mersyah – Rosjonsyah Tetap Unggul di Bumi Rafflesia

EksNews | Menyusul hasil hitung cepat beberapa lembaga survei, petahana Gubernur Rohidin Mersyah yang berpasangan dengan calon Wakil Gubernur Rosjonsyah, unggul dalam Pilkada Gubernur Bengkulu menurut hitungan manual (catatan tangan) yang dihimpun Komisi Pemilihan Umum. Hingga Kamis petang, 10/12/20, pasangan ini mendapat dukungan 356.413 atau 42,4 persen dari suara sah.

Pasangan Rohidin-Rosjonsyah mengungguli dua pesaingnya: Helmi Hasan-Muslihan Diding Soetrisno dan Agusrin M Najamudin-Imron Rosyadi. Berdasarkan data resmi hasil sementara real count Pilkada Bengkulu yang tercatat di laman Sirekap (Sistem Informasi Rekapitulasi) KPU menunjukkan pasangan Helmi-Muslihan meraih 32,2 persen dukungan suara, sedangkan pasangan Agusrin-Imron 25,4 persen.

Data Sirekap masih akan terus menghimpun hingga data dari 4.341 TPS terserap seluruhnya. Kita tunggu perkembangan selanjutnya. Sedangkan jumlah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih tetap di Bengkulu tercatat 2.415.862 jiwa.

Anggota KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto mengatakan, proses penghitungan perolehan suara Pilgub Bengkulu masih berjalan dan peraih suara terbanyak saat ini paslon Rohidin Mersyah-Rosjonsyah kemudian disusul paslon Helmi Hasan-Muslihan DS dan paslon Agusrin Maryono Najamudin-Imron Rosyadi.

Namun, hasil final dari pilgub Bengkulu, masih menunggu rapat pleno KPU Provinsi Bengkulu. Rapat pleno akan menetapkan calon terpilih gubernur dan wakil gubernur masa bakti 2020-2024 di provinsi berjuluk Bumi Rafflesia ini.

Pada Pilgub Bengkulu, Rabu, 9/12/20, paslon petahana Rohidin Mersyah-Rosjosyah meraih suara terbanyak di beberapa kabupaten seperti Kabupaten Lebong sebanyak 26.985 suara, Kepahiang 33.239 suara, Mukomuko 31.898 suara, Rejang Lebong 55.085 suara dan Bengkulu Utara sebanyak 38.076 suara, serta Bengkulu Selatan sebanyak 42.075 suara.

Rohidin pernah menjadi Bupati Bengkulu Selatan dan Wakil Gubernur Bengkulu. Sedangkan Rosjonsyah adalah Bupati Lebong dua periode 2010-2020. ~Dedi M Suharta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.