JaBoDeTaBek Unggulan

Polisi Tangkap Lagi Pencuri Saldo Modus Ganjal ATM

EksNews | Petugas Ditreskrimum Polda Metro Jaya berhasil menangkap lagi tiga kawanan pencuri saldo korban dengan modus mengganjal kartu di anjungan tunai mandiri (ATM). Modus kejahatan ini sudah teridentifikasi sejak beberapa tahun lalu. Masa pandemi mungkin memicu kejahatan model begini marak lagi

“Ya tiga orang tersangka telah berhasil diamankan, modus operandinya menggunakan barang berukuran kecil untuk mengganjal ATM, salah satunya itu tusuk gigi, yang sudah dimodifikasi,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, di Mapolda Metro, Kamis, 28/1/21.

Yusri menerangkan, kejahatan kawanan dengan modus ini biasanya mengincar ATM yang sepi. Dalam kasus terbaru ini, pelaku W bertindak sebagai pengganjal ATM.

Satu temannya, JS, mengantre tepat di belakang calon korban untuk mengintip atau menanyakan pin serta jenis ATM ketika kartunya sudah terganjal. Setelah itu, WI dan satu temannya lagi, IN datang untuk pura-pura menolong membantu calon korban.

“Saat itulah WI berpura-pura untuk mengambil kartu yang tersangkut dan memberikan kartu palsu yang mirip kepada calon korban,” kata Yusri.

Selanjutnya, korban yang tak sadar menerima kartu palsu, meninggalkan lokasi. Sedangkan kartu aslinya yang terganjal diambil oleh para pelaku yang sudah mengetahui nomor pin-nya. Maka, dengan mudah para pelaku mengambil saldo tabungan korban.

“Ada dua korban yang melapor ini adalah perempuan. Untuk korban pertama, kerugian yang dialami sekitar 70 juta, sementara korban keduanya mengalami kerugian sebesar 20 juta rupiah,” sambung Kombes Yusri.

Kombes Yusri menjelaskan, bahwa kasus ini murni kesalahan dari para tersangka. Jadi, idak ada sangkut paut dengan pihak Bank.

Untuk tiga pelaku yang sudah tertangkap, polisi menjeratnya dengan pasal 363 KUHP. Ancaman pidanya penjara maksimal tujuh tahun. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *