Aneka

3 Pilar Grogol Petamburan Operasi Yustisi dan Sosialisasi 5M

EksNews | Sinergi Tiga Pilar Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat melaksanakan kegiatan operasi tertib masker yang dipimpin langsung Camat Grogol Petamburan Didit Sumaryanta, pada Kamis, 04/02/21. Bersamaan dengan itu, para petugas juga mensosialisasikan gerakan 5M, tambahan dari 3M selama ini untuk memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19.

Operasi kali ini mengerahkan 48 personel gabungan dari unsur pemerintah tingkat kecamatan, kepolisian sektor, dan komando rayon militer. Alhasil, operasi yustisi menyelamatkan 15 pelanggar protokol kesehatan dari kelalaian mengupayakan pemutusan mata rantai penularan pandemi Covid-19.

Sebanyak 13 pelanggar antaranya terkena sanksi sosial. Sedangkan dua lainnya membayar sanksi administrasi.

Kapolsek Tanjung Duren Kompol Agung Wibowo mengatakan, operasi yustisi ini digelar untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Lokasi kali ini, sambungnya, bertempat di Jalan Tanjung Duren Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. “Diharapkan kepada warga masyarakat untuk selalu menaati protokol kesehatan,” kata dia.

Ia juga mengimbau untuk menerapkan 3 M yang kini bertambah menjadi 5M demi terhindar dari penularan Covid-19. Protokol 5M adalah sebagai berikut:

Memakai Masker
Kita sebaiknya memakai masker saat berada di luar rumah, atau ketika berkumpul bersama kerabat di mana pun berada.

Mencuci Tangan
Kita mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun secara berkala. Jika tak ada air dan sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman-kuman yang menempel.

Menjaga Jarak
Jika ada keperluan mendesak yang membuat kita harus pergi ke luar rumah, ingatlah untuk menjaga jarak satu sama lain. Jarak yang dianjurkan adalah 1 hingga 2 meter dari orang sekitar Anda.

Menjauhi Kerumunan
Kita juga diminta menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Ingat, semakin banyak dan sering Anda bertemu orang, kemungkinan terinfeksi corona bisa semakin tinggi.

Mengurangi Mobilitas
Jika tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah. Meski sehat dan tidak ada gejala penyakit, belum tentu Anda pulang ke rumah dengan keadaan yang masih sama.

Jadi, kata Kapolsek Agung, lebih baik mencegah penularan dengan mematuhi 5M. “Mari kita sama-sama mencegah penularan Covid-19,” tandasnya. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *