Nasional Unggulan

Kapolri Sigit Mutasi 4 Kapolda dan Naikkan Pangkat 12 Perwira

EksNews | Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo resmi melantik empat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) baru. Seiring dengan itu Kapolri Sigit juga memimpin upacara kenaikan pangkat 12 perwira tinggi dan menengah Polri.

Rangkaian upacara itu berlangsung di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 4/3/21. Empat Kapolda baru itu bertugas di Polda Papua, Sulawesi Utara (Sulut), Sumatera Utara (Sumut) dan Lampung.

Sertijab empat kapolda sesuai dengan Surat Telegram Rahasia (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021. “Pada hari ini Kapolri memimpin serah terima jabatan beberapa pejabat di lingkungan Polri,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono usai pelantikan.

Kapolda Papua sebelumnya, Komjen Pol Paulus Waterpauw, diangkat menjadi Kabaintelkam Polri. Jabatan Kapolda Papua selanjutnya diisi oleh Irjen Pol Mathius D. Fakhiri.

Lalu, Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Panca Putra beralih jabatan menjadi Kapolda Sumatera Utara (Sumut). Sedangkan Irjen Nana Sudjana diangkat menjadi Kapolda Sulut. Jabatan Nana sebagai Koorsahli Kapolri diisi oleh Irjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Kapolda Sumut.

Selanjutnya, Irjen Pol Hendro Sugiatno yang tadinya menjabat Asrena Kapolri diangkat menjadi Kapolda Lampung. Kapolda Lampung sebelumnya, Irjen Purwadi Arianto beralih tugas sebagai Pati Lemdiklat Polri dalam rangka persiapan tugas di luar struktur Polri.

Sedangkan kenaikan pangkat meliputi 12 perwira tinggi dan menengah Polri antara lain Paulus Waterpauw yang menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri dengan pangkat bintang tiga atau komisaris jenderal (Komjen). “Kenaikan pangkat dari irjen menjadi komjen, dari bintang dua menjadi bintang tiga, yaitu Komjen Paulus Waterpauw,” kata Brigjen Pol Rusdi.

Kemudian, ada empat pejabat yang naik pangkat dari brigadir jenderal (brigjen) ke inspektur jenderal (irjen). Mereka adalah Irjen Mathius D Fakhiri yang menjabat Kapolda Papua, Irjen Syahardiantono yang menjabat Wakabareskrim Polri, Irjen Suryanbodo Asmoro yang menjabat Kadivkum Polri, dan Irjen Moh Abdul Kadir.

Selain itu, ada tujuh perwira menengah yang naik pangkat menjadi perwira tinggi. “Dari komisaris besar polisi menjadi brigadir jenderal polisi,” ujar Rusdi.

Mereka ialah Brigjen Eko Rudi Sudarto, Brigjen Pipit Rismanto, Brigjen M. Mustaqim, Brigjen Hariyanto, Brigjen Ahmad Alwi, Brigjen Rudi Hartono, dan Brigjen Samudi. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.