Nasional Unggulan

Kapolri Sigit Resmikan Penerapan Tilang Elektronik di 12 Polda

EksNews | Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meresmikan penerapan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Tahap I secara nasional pada Selasa, 23/3/21 pagi. Untuk tahap pertama ini, penerapan ETLE menjangkau 12 Kepolisian Daerah di bawah koordinasi Korps Lalu Lintas Polri.

“Hamdalah. Saya berikan apresiasi yang sangat luar biasa pada Kakorlantas dan seluruh Ditlantas yang hari ini mengundang kami semua untuk launching terkait program ETLE yang tadinya parsial, kami besarkan jadi nasional,” ucap Sigit di Gedung Korlantas Polri, Cawang, Jakarta Timur. Menurut Kapolri, program ini menjadi perhatian Presiden Joko Widodo yang berharap Polri dapat mengembangkan sistem dan pelayanan terhadap masyarakat dengan memanfaatkan teknologi.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan launching secara nasional di tahap pertama ini. Di 12 wilayah Polda ada 244 titik yang kita persiapkan di tahap pertama ini,” kata Kapolri Sigit di hadapan para tamu dan undangan. Sedangkan Kapolri didampingi Kepala Korps Lantas Polri Irjen Istiono.

Tampak hadir di acara itu antara lain Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin, Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kemudian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa, dan sejumlah pejabat lainnya.

Mengenai wilayah yang belum dipersiapkan ETLE secara stasioner (posisi menetap), Kapolri Sigit mengatakan akan dipersiapkan ETLE secara mobile (bergerak). Ini merupakan upaya melakukan peningkatan program keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

“Tentunya perlu ada upaya-upaya penegakan hukum agar proses pelaksanaan kegiatan para pengguna jalan betul betul bisa disiplin, bisa mengutamakan keselamatan dan tentunya menghargai masyarakat lain sesama pengguna jalan,” ungkap Kapolri Sigit.

Sedangkan rincian penerapan ETLE kali ini adalah 98 titik Polda Metro Jaya, 56 titik Polda Jawa Timur, 21 titik Polda Jawa Barat, 16 titik Polda Sulawesi Selatan, dan 11 titik Polda Sulawesi Utara. Selanjutnya, 10 titik Polda Jawa Tengah, 10 titik Polda Sumatera Barat, delapan titik Polda Jambi, lima titik Polda Lampung, empat titik Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, empat titik Polda Riau, dan satu titik Polda Banten.

Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Presisi Tahap I atau tilang elektronik nasional 12 Polda di berbagai wilayah di Indonesia pada hari ini, merupakan bagian dari program prioritas 100 hari kerja Kapolri. “Kalau tidak salah adalah hari ke 60-an semenjak saya menjabat sebagai Kapolri. Saat itu kami menyampaikan dalam kegiatan fit and proper test (di DPR) dan kemudian kami tindaklanjuti dalam membuat point dalam 100 hari (salah satunya) ETLE atau yang biasa dikenal dengan tilang elektronik,” ujar Kapolri Sigit. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *