JaBoDeTaBek Unggulan

Kapolda Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Kampung Tangguh dan Mal Ibu Kota

EksNews | Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal pada Sabtu, 10/4/21. Dalam kesempatan ini Kapolda FI mengunjungi Kampung Tangguh Jaya di Cideng, Jakarta Pusat; Family Mart Bulungan, Jakarta Selatan; serta Mal Kokas (Kota Kasablanka), Jakarta Selatan.

Program vaksinasi massal berlangsung di 50 titik melalui kerja sama dengan Yayasan Global CEO Indonesia. Irjen  mengatakan ada 251 tenaga vaksinator yang berasal dari TNI dan Polri, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan Satgas Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran. “Hari ini kita ada 5.400 dosis vaksin yang disuntikkan. Mudah-mudahan tahap berikutnya bisa lebih besar volumenya,” ucap Irjen Fadil.

Kapolda Metro tiba di posko Kampung Tangguh Jaya RW 1 Cideng pukul 08.45 WIB. Turut hadir Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi, Kapolsek Gambir AKBP Kade Budiyarta, Danramil 04/Gambir Mayor Inf Sisriyanto Ade, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar, dan Camat Gambir Fauzi.

Irjen Fadil berharap program vaksinasi Covid-19 massal di lokasi pelayanan publik dan di Kampung Tangguh Jaya dapat menjangkau masyarakat. Ia mengatakan kegiatan hari ini bertujuan untuk mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mencapai target vaksinasi Covid-19.

Malah Kapolda FI mengatakan ke depannya Kampung Tangguh Jaya akan dijadikan sebagai basis vaksinasi. “Bukan hanya bertujuan untuk memutus mata rantai Covid-19, melainkan juga untuk banyak hal, antara lain untuk melakukan vaksin seperti hari ini,” sambungnya.

Cakupan vaksinasi terutama bagi warga yang aktif di wilayah pelayanan umum. “Ada juga penggali kubur di Kebayoran Lama. Itu kita lakukan vaksin terhadap saudara-saudara kita yang berprofesi sebagai penggali kubur selama masa pandemi. Ada juga pedagang pasar, tukang ojek, dan sebagainya,” ujar Kapolda FI.

Sedangkan program vaksinasi massal di pusat perbelanjaan Kokas, Jakarta Selatan menyasar tak hanya mereka yang bekerja di sana tapi juga bagi masyarakat sekitar lokasi. “Sasarannya adalah pelayan publik dan lansia. sektor pelayanan publik, ini bisa mereka yang bekerja di sektor UMKM, seperti kalau di mal ini di bawah ada ‘food court’ mereka melayani masyarakat, mereka kita berikan kesempatan untuk divaksin,” ujarnya.

Menurut dia, program ini akan berlangsung hingga enam bulan ke depan. “Kita akan evaluasi,” ujar Kapolda FI.

Irjen FI menambahkan bahwa fasilitas yang disediakan di tempat pelaksanaan vaksinasi massal di pusat perbelanjaan di Tebet, Jakarta Selatan, itu sudah sangat memadai. “Salah satu tempat yang sangat representatif untuk dilaksanakan vaksinasi massal. Tempatnya sangat memadai, cukup luas, area observasi, kemudian area skrining, area vaksin,” katanya. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *