Unggulan

Terawan Mengaku Bangga,Meminta Semua Pihak Menahan Diri Terkait Polemik Pemecatannya Dari IDI

Eksnews | Jakarta,29/03/2022. Mantan Menteri Kesehatan (Menkes),dokter Terawan Agus Putranto,akhirnya buka suara perihal pemecatan dirinya secara permanen dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Dia meminta semua pihak menahan diri terkait masalah ini.

“Sampai hari ini,saya masih sangat bangga dan merasa terhormat berhimpun di sana (IDI),”katanya dalam keterangan tertulisnya,pada Senin (28/03/2022).

Terawan tak berkomentar banyak perihal pemecatannya. Namun, dia mengaku, bangga telah menjadi bagian dari IDI dan berharap pemecatannya tak menimbulkan kekisruhan di ruang publik. “Teman-teman sejawat dan yang lain agar bisa menahan diri untuk tidak menimbulkan kekisruhan publik karena kita masih menghadapi pandemi Covid -19. Kasihan masyarakat dan saudara-saudara sejawat yang di daerah,puskesmas,rumah sakit,dan lain-lain ikut terganggu,”tuturnya.

Terawan lalu menyinggung soal sumpah dokter yang dijadikan landasan dalam setiap langkahnya. Karenanya, dirinya memastikan semua langkah yang diambilnya berlandaskan sumpah tersebut. “Saya sudah disumpah akan selalu membaktikan hidup saya guna perikemanusiaan, mengutamakan kesehatan pasien dan kepentingan masyarakat,”tegasnya.

Terpisah,Wakil Ketua DPR,Sufmi Dasco Ahmad,menyatakan,akan meminta Komisi IX untuk turun tangan menangani masalah pemecatan Terawan dari keanggotaan IDI. Komisi Kesehatan pun bakal dimintanya melakukan kajian komprehensif, khususnya menyangkut praktik kedokteran di Indonesia. “Kita nanti akan minta betul kepada Komisi IX untuk melakukan kajian yang komprehensif [soal] Undang-Undang Praktik Kedokteran dan Undang-Undang Pendidikan Kedokteran,”ucapnya Kompleks Parlmen,Jakarta.

Menurutnya,hasil kajian Komisi IX DPR nantinya akan diketahui lebih jelas soal duduk perkara terkait pemecatan Terawan dari IDI. Di sisi lain,politikus Partai Gerindra ini masih menganggap Terawan sebagai anggota IDI. “Karena saya anggap pemecatan itu tidak sah,” kata Sufmi Dasco.
(Git/Bian )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.