Unggulan

Panglima TNI Berikan Pembekalan Kepada Taruna dan Taruni AAL di Mako Kolinlamil

EKSNEWS.ID | Jakarta : 23/07/2022. Komando Lintas Laut Militer menerima tamu kehormatan yaitu Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa beserta Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Hetty Andika Perkasa di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara,pada Jum’at (22/07/2022).

Kedatangan Panglima TNI di Kolinlamil disambut oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Kunjungan pejabat nomor satu di TNI tersebut dalam rangka memberikan pembekalan kepada Taruna dan Taruni tingkat III Akademi Angkatan Laut angkatan ke-69 yang akan melaksanakan pelayaran muhibah diplomasi duta bangsa dan latihan praktek pelayaran Kartika Jala Krida tahun 2022 dengan menggunakan kapal latih tiang tinggi KRI Bimasuci.

Sebelum melaksanakan pembekalan kepada Taruna/Taruni AAL,Panglima TNI berkesempatan untuk menerima Laporan Komando dari Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi di gedung Laut Nusantara,Mako Kolinlamil dan dilanjutkan dengan penyampaian pesan dari Panglima TNI kepada seluruh jajaran Kolinlamil.

Tiba di KRI Bimasuci,Panglima TNI disambut tarian selamat datang dan brassband oleh Taruna/Taruni AAL. Acara dilanjutkan dengan paparan dari Komandan Satgas KJK tahun 2022 sekaligus Komandan KRI Bimasuci Letkol Laut (P) M.Sati Lubis.

Dalam pembekalannya Panglima TNI menyampaikan bahwa ini kegiatan KJK ini merupakan culture yang sangat bagus karena sejak Taruna sudah diberikan banyak pengalaman. Dan, nantinya setelah Taruna/Taruni lulus menjadi Perwira pergaulan dengan lingkup internasional tidak akan pernah berhenti dan hal tersebut juga merupakan bagian dari budaya Angkatan Laut internasional.

“Oleh karena itu manfaatkanlah moment pelatihan pelayaran muhibah diplomasi duta bangsa ini untuk belajar dengan baik, karena pengalaman ini hanya didapatkan satu kali selama menjadi Taruna dan jangan lupa selalu jaga kesehatan dan jaga diri selama Pendidikan,”pungkas Panglima TNI.

Pelayaran muhibah diplomasi duta bangsa dan latihan praktek pelayaran Kartika Jala Krida (KJK) Taruna/Taruni AAL tingkat III angkatan ke-69 merupakan bagian dari pelaksanaan tugas TNI AL sesuai amanat Undang- Undang yaitu melaksanakan tugas diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Secara keseluruhan pelayaran KRI Bimasuci akan menempuh jarak 11.122 Nautical miles dan akan singgah di beberapa kota di Malaysia dan Australia. Rute yang ditempuh meliputi Surabaya-Jakarta-Singapura-Sabah- Tual-Townsville-Sidney-Cairns-Darwin- Bali-Surabaya.
(Git/Abus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.