Unggulan

Unik, Ini Aksi Kapolres Blitar Kota AKBP Argo Wiyono saat Ultah

EKSNEWS.ID | KOTA BLITAR – Kemarin (6/9), usia Kapolres Blitar Kota AKBP Argo Wiyono genap 40 tahun. Di hari kelahirannya itu, beberapa kegiatan digelar. Salah satunya, potong tumpeng bersama para tahanan.

Suasana di sekitar ruang tahanan Polres Blitar Kota siang itu tampak lengang. Beberapa personel polisi terlihat berjaga. Tak lama kemudian, dating rombongan Kapolres Blitar Kota AKBP Argo Wiyono beserta jajaran menuju ruang tahanan.

Ketika kapolres menginjakkan kaki masuk ruang tahanan di sisi paling selatan polres itu, suara riuh tepuk tangan langsung menyambut kedatangannya. Disusul nyanyian selamat ulang tahun dari para tahanan yang sudah berbaris rapi mengenakan baju khas oranyenya. Raut wajah kapolres seketika berubah. Semingrah.

Beberapa tumpeng serta kue yang sudah disiapkan itu dimasukkan ke ruang tahanan. Orang nomor satu di lingkup Polres Blitar Kota itu langsung mendapat ucapan selamat dari para tahanan. “Selamat ulang tahun Bapak Kapolres,” seru para tahanan kompak.

Argo langsung merespons ucapan selamat dari para tahanan. “Terima kasih rekan-rekan. Terima kasih,” ucapnya sembari mengatupkan kedua tangan di dada.

Perwira menengah berpangkat dua melati di pundak itu lantas mengobrol dengan beberapa tahanan. Menanyakan nama dan kasus yang menjeratnya. Suasana di ruang tahanan siang itu berubah menjadi lebih gayeng.

Setelah itu, kapolres menunjuk salah satu tahanan untuk memimpin doa sebelum potong tumpeng. Doa dipimpin secara Islam. Usai berdoa, kapolres memotong tumpeng. “Monggo dieksekusi secara adat,” seru Argo.

Argo Wiyono mengaku ingin berbagi kebahagiaan dengan para tahanan pada hari spesialnya itu. Mereka memiliki hak yang sama layaknya masyarakat umum untuk menikmati kebahagiaan. “Ini juga dalam rangka memberi semangat dan motivasi kepada para tahanan untuk lebih baik,” ungkapnya.

Kegiatan itu diharapkan bisa mengingatkan kembali waktu di kampung halaman. Meskipun kini mendekam di tahanan, mereka tetap bisa menikmati tumpengan. “Dengan kegiatan semacam ini, semoga menggugah rasa rindu mereka terhadap kampung halaman. Saat itu pula timbul semangat untuk memperbaiki diri. Introspeksi dan tidak mengulangi perbuatannya lagi,” harapnya.

Sekadar diketahui, Argo Wiyono mulai menjabat sebagai Kapolres Blitar Kota pada Januari. Dia menggantikan AKBP Yudhi Hery Setiawan yang kini menjabat sebagai Wakapolrestabes Medan, Polda Sumatera Utara (Sumut). Sebelum menjabat Kapolres Blitar Kota, Argo menjabat sebagai Kasubditgakkum Ditlantas Polda Metro Jaya. (HM/Abus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.