Unggulan

Markas Komando Brimob I Polri Resmi Berdiri di Binjai Sumut

EKSNEWS.ID | Jakarta,- Markas Komando Korps Brimob I Polri resmi berdiri di Kota Binjai, Sumatera Utara. Wakil Komandan Korps Brimob Polri Irjen Polisi, Imam Widodo memimpin upacara peresmian dan penempatan pasukan Brimob I di eks Markas Batalyon A Brimob Polda Sumut tersebut.

“Keberadaan pasukan Brimob I Polri ini juga melaksanakan kegiatan operasional pengamanan agenda nasional 2024 dan internasional. Semoga dengan adanya pasukan Brimob I Polri bisa bermanfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa,” ujar Imam dalam keterangan tertulisnya, Rabu (7/6/2023).

Korps Brimob I Polri yang dipimpin Brigadir Jenderal Polisi Firly R. Samosir membawahi empat resimen (Resimen Pelopor dan Resimen Gegana) dan berperan sebagai pembina teknis 10 Satuan Brimob Polda di wilayah Sumatera yang meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung.

Imam menegaskan bahwa kehadiran pasukan Brimob yaitu untuk memelihara keamanan dalam negeri dan mencintai situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Jadi, perlu saya tegaskan bahwa Brimob itu pasukan khusus yang tugasnya memelihara keamanan di dalam negeri ini. Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, sehingga diresmikanlah markas komando Pasukan Brimob 1 Polri di Kota Binjai,” tegasnya

Menurut Imam, pembangunan markas tersebut merupakan amanah untuk meningkatkan kamtibmas. Markas itu, lanjutnya, akan menjadi tempat yang ramah, inklusif dan terbuka bagi masyarakat.

“Kami akan menjalin kemitraan dengan institusi lain dan membangun kepercayaan yang kokoh,” ujar Imam.

“Jadi, kehadiran kami disini untuk menanggulangi situasi darurat, yakni membantu tugas kepolisian kewilayahan dan bersinergi dengan TNI, Pemerintah Daerah dan stakeholder lainnya dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, sosial dan menangani, kejahatan dengan tingkat intensitas tinggi,” paparnya.

Hadir pada upacara tersebut, Kapolda Sumut Irjen Polisi R.Z. Panca Putra Simanjuntak, Kasdam I/Bukit Barisan, Danlantamal I Belawan, Wali Kota Binjai, para wakapolda dan komandan Satuan Brimob se-Sumatera serta forkopimda. ( Abus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.