Unggulan

Divpropam Polri Terapkan Inovasi Berbasis Industri 4.0 dalam Pelayanan Masyarakat

EKSNEWS.ID | Jakarta – Divisi Propam Polri telah berhasil melakukan transformasi dan inovasi dalam era industri 4.0. Masyarakat saat ini merasakan komitmen Propam Polri yang cepat, mudah, transparan, akuntabel, inovatif, dan responsif dalam menangani aduan terkait perilaku anggota Polri melalui pemanfaatan teknologi.

Dalam menghadapi tantangan era informasi yang terbuka, Divpropam Polri telah melakukan transformasi yang melibatkan aspek budaya, organisasi, dan pelayanan publik.

Dalam memberikan pelayanan publik, Divpropam Polri melakukan terobosan dengan menggunakan layanan WhatsApp Yanduan (pelayanan aduan) di nomor 0812-1010-6700. Layanan ini bertujuan untuk memungkinkan komunikasi interaktif antara masyarakat dan petugas Yanduan tanpa ada sekat antara petugas dan warga.

Selain layanan WhatsApp Yanduan, Divpropam Polri juga didukung oleh Propam Integrated System (PIS), sebuah sistem pengendalian dan pemantauan serta kontrol Big Data bagi pimpinan. Tidak hanya pimpinan Polri, tetapi juga warga yang mengajukan pengaduan dapat memantau proses penanganannya.

Terobosan-terobosan tersebut bertujuan untuk menjawab tantangan dalam era informasi terbuka. Keterbukaan ini penting untuk memahami pandangan publik terhadap Polri dan dengan adanya aplikasi ini, Polri dapat terus berbenah diri.

Selain itu, dalam rangka memperingati HUT ke-77 Bhayangkara, Divpropam Polri mengadakan Lomba Responsivitas Dumas Satwil Bid Propam 2023. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja anggota kepolisian dan menciptakan iklim kompetitif di antara seluruh anggota Polri, sehingga menghasilkan sosok polisi yang humanis dan inspiratif.

Upaya-upaya yang dilakukan oleh Divisi Propam Polri ini mendapatkan respons positif, baik secara langsung maupun melalui survei pendapat seperti yang dilakukan oleh Litbang Kompas. Terlebih lagi, banyak sosok polisi inspiratif, terutama dari anggota Propam Polri, yang telah muncul.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mengungkapkan rasa bangganya terhadap kinerja Divisi Propam Polri. Selain menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, anggota Polri juga menunjukkan kepedulian terhadap masyarakat hingga ke pelosok negeri.

“Inilah sosok polisi Presisi sejati. Saya dan masyarakat sangat bangga. Salut,” ujar Bamsoet dalam video pernyataannya, dikutip Senin (10/7/2023).

Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), Poenky Indarti, turut mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran Polri yang selama ini hadir untuk masyarakat. Dirinya bangga melihat banyak munculnya sosok polisi inspiratif, terutama dari anggota Propam yang mendedikasikan diri dengan tulus kepada negara.

Selain itu, melalui Lomba Responsivitas Dumas Satwil Bid Propam 2023, Poenky menyebutnya sebagai bukti nyata dari pelayanan Polri yang transparan, objektif, serta menunjukkan keaktifan, kecepatan, dan kemampuan komunikasi Polri kepada masyarakat.

“Ini adalah bukti nyata manajemen dan pelayanan Polri kepada masyarakat,” tambahnya.

Survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas juga menunjukkan bahwa penanganan pengaduan masyarakat melalui Divisi Propam Polri saat ini mendapatkan respons positif yang menggembirakan.( Abus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.