Unggulan

Hadiah Kemerdekaan RI ke – 78. Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Resmi dibuka

EKSNEWS.ID | Kabar Baik! Tol Bocimi Bakal Nyambung Cianjur-Padalarang. Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan proyek jalan tol itu akan berlanjut hingga Cianjur dan Padalarang.

Nah ini kita selesaikan seksi II, nanti akan lanjut seksi III dan akan terus dilanjutkan sampai ke Bandung sehingga orang ke Bandung dan ke Jakarta ada opsi lain selain yang di sisi Japek (Tol Jakarta-Cikampek), kata Herry kepada awak media di GT Parungkuda, Jumat (4/8/2023).

Jadi Jakarta-Bandung itu ada Ciawi-Sukabumi kemudian Sukabumi-Ciranjang, Ciranjang-Padalarang,” sambungnya.

Saat ini, pembangunan Jalan Tol Bocimi akan dilanjutkan untuk seksi III Cibadak-Cibolang sepanjang 13,7 kilometer. Terlebih, kata dia, pembebasan lahan pada seksi tersebut telah mencapai 80 persen lebih.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftahul Munir menambahkan, rencana menyambungkan Tol Bocimi hingga Padalarang itu sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2021. Penyambungan Tol Bocimi ke Padalarang ini tujuannya untuk mendivert (mengalihkan) kepadatan di Tol Cipularang, kata Munir.

Menurutnya, kondisi Tol Cipularang saat ini sudah tidak bisa dikembangkan lagi. Sementara itu, lintas harian rata-rata (LHR) Tol Cipularang sudah terlalu padat dengan pengguna jalan.

Jadi nanti untuk ke Bandung, warga Jakarta bisa melewati jalur Selatan Tol Bocimi, untuk memecah kepadatan, ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas jalan tol Cigombong-Cibadak yang membentang sepanjang 11,90 Kilometer. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) dengan total panjang 54 kilometer.

Jokowi mengatakan, peresmian jalan tol ini merupakan hadiah kemerdekaan Indonesia ke-78 untuk warga Jawa Barat. Pembangunan ruas jalan ini memakan anggaran sebesar Rp 3,2 triliun.

Alhamdulillah pada hari ini Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 Kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan. Ya, ini kado ulang tahun kemerdekaan yang ke-78 ke Provinsi Jawa Barat, khususnya ke Sukabumi,” kata Jokowi dalam sambutannya di Gerbang Tol Parungkuda.(id/hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.