Unggulan

Badan Sertifikasi PPNI (CBP-INNA): Membawa Perawat Indonesia Menuju Pengakuan Internasional

 

EKSNEWS.ID | Jakarta, 2 Oktober 2023 – Badan Sertifikasi PPNI (CBP-INNA) mengumumkan komitmennya untuk mengangkat kompetensi perawat Indonesia tidak hanya di tingkat nasional namun juga ke tingkat internasional. Sebagai salah satu langkah awal dalam upaya menjalankan komitmen tersebut, CBP-INNA mengadakan sosialisasi dengan tema “Dengan SNI ISO/IEC 17024 Menuju Kompetensi Perawat Indonesia yang Diakui Secara Internasional.”

CBP-INNA, yang merupakan singkatan dari Certified Body For Person – Indonesia National Nurses Association, adalah lembaga yang didirikan oleh Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Indonesia (DPP-PPNI). Lembaga ini dibentuk pada tanggal 18 Maret 2022 dengan tujuan untuk memberikan kredensial dan sertifikasi kepada individu perawat yang memenuhi persyaratan kompetensi khusus dalam melaksanakan praktik keperawatan. Sebagai tanggapan atas kebutuhan mendesak akan peningkatan mutu pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan keperawatan, CBP-INNA berkomitmen untuk memastikan bahwa perawat-perawat berkompeten memainkan peran penting dalam memberikan pelayanan keperawatan berkualitas, aman dan efektif kepada masyarakat.

Dengan pengakuan kompetensi perawat melalui sertifikasi, CBP INNA membantu memastikan perawat dapat memberikan pelayanan keperawatan dalam bidang keahliannya sesuai dengan standar profesi, standar pelayanan profesi, standar prosedur operasional, dan etika profesi serta kebutuhan kesehatan masyarakat, sesuai dengan amanat Undang-Undang Kesehatan Nomor 17 Tahun 2023. Dengan memberikan sertifikasi kompetensi kepada perawat yang telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh ikatan dan himpunan perawat atau penyelenggara pelatihan keperawatan, CBP-INNA berperan aktif dalam memastikan bahwa perawat Indonesia memiliki pengetahuan dan keterampilan terbaik dalam bidang keahliannya.

Sertifikasi yang diberikan oleh CBP-INNA merupakan tanda pengakuan dan bukti resmi terhadap kompetensi khusus perawat Indonesia. Ini bukan hanya menciptakan peluang karir yang lebih baik bagi perawat, tetapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan keperawatan yang masyarakat terima. Dengan standar internasional yang diadopsi oleh CBP-INNA, perawat Indonesia akan lebih siap menghadapi tantangan global.

Dalam perjalanannya menuju peningkatan dan penjagaan kompetensi perawat Indonesia, CBP-INNA telah menjalani proses akreditasi yang ketat dan berhasil memperoleh akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) sebagai Lembaga Sertifikasi Person SNI ISO/IEC 17024:2012 pada tanggal 23 Agustus 2023. Ini menegaskan komitmen CBP-INNA dalam memastikan bahwa sertifikasi kompetensi yang diberikan diakui baik di tingkat nasional maupun internasional. “Kita patut bersyukur dengan akreditasi ini, yang membuktikan bahwa CBP-INNA telah memenuhi standar internasional dalam memberikan sertifikasi kompetensi perawat. Ini adalah langkah penting dalam memastikan bahwa perawat Indonesia dapat bersaing secara global,” kata Mustikasari (Ketua CBP-INNA). “Kita akan terus berupaya untuk mempromosikan dan meningkatkan praktik keperawatan di Indonesia melalui sertifikasi kepada perawat, sehingga perawat Indonesia diakui secara internasional.”

Kegiatan sosialisasi yang mengusung tema “Dengan SNI ISO/IEC 17024 Menuju Kompetensi Perawat Indonesia yang Diakui Secara Internasional” ini diharapkan menjadi platform penting untuk memperkenalkan CBP-INNA kepada masyarakat luas dan pemangku kepentingan terkait yang peduli dengan kemajuan dan peningkatan mutu pelayanan keperawatan. Sosialisasi ini juga akan memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana sertifikasi kompetensi perawat dapat mendukung pengembangan profesionalisme perawat di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Badan Sertifikasi PPNI (CBP-INNA), silakan menghubungi: Sdr. Tatang Sutisna (WA. 08156068009), Sdr. Muhamad Adam (WA. 085776055552) atau Email: dpp@ppni-inna.org. ( Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.