Daerah

Percepat Pelayanan Publik, Lapas Kediri Ikuti Workshop Reformasi Birokrasi

 

EKSNEWS.ID | Kediri,Info_Pas – Dalam mewujudkan Tata Kelola Pelayanan Publik dan Budaya Birokrasi BerAkhlak, Jajaran Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA KediriKanwil Kemenkumham Jatim hadiri acara Virtual melalui Aplikasi Zoom Meeting, Rabu (7/2/24).

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB, kegiatan ini disaksikan oleh seluruh Satuan Kerja di lingkungan Kemenkumham di Indonesia baik secara virtual maupun hadir secara langsung. Plt Kalapas Kediri Budi Ruswanto dan seluruh jajaran pejabat struktural turut hadir dalam “Workshop Reformasi Birokrasi” yang bertema “Mewujudkan Reformasi Birokrasi Berdampak Melalui Pemanfaatan Digitalisasi Teknologi Informasi Tata Kelola Pelayanan Publik dan Budaya dan BerAkhlak” di ruang Kalapas Kediri.

Sebelum acara inti dimulai ada Laporan Pelaksanaan Kegiatan oleh Inspektur Wilayah II, Lilik Sujandi, Bc.I.P.,S.I.P.,M.Si., CGRE. Dalam laporannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan workshop dilaksanakan dengan tujuan untuk mengevaluasi apa saja yang perlu ditingkatkan dari tahun sebelumnya serta apa-apa saja yang harus ditekankan dalam mekanisme pemenuhan data dukung Reformasi Birokrasi.
Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan arahan dari Staf Ahli Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi, Ir. Razilu, M.Si. yang mana dalam kesempatan tersebut beliau memaparkan bahwa perlu adanya peningkatan baik secara general maupun tematik. “”Di tahun 2024, kita harus harus meningkatkan kembali baik secara general maupun tematik dengan tujuan berdampak melalui pemanfaatan digitalisasi dan teknologi informasi,” ungkapnya.

Dalam kegiatan workshop RB ini pula menghadirkan beberapa narasumber seperti Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi dengan paparan materinya yaitu ‘Kebijakan Pemanfaatan Digitalisasi Teknologi Informasi pada Tata Kelola Pelayanan Publik dan Budaya Birokrasi BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaftif, dan Kolaboratif) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM’ dan Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB dengan paparan materi yang dibawa mengenai ‘Reformasi Birokrasi “Mewujudkan Reformasi Birokrasi Berdampak Melalui Pemanfaatan Digitalisasi Teknologi Informasi pada Tata Kelola Pelayanan Publik dan Budaya Birokrasi BerAHKLAK’.
Plt Kalapas Kediri Budi Ruswanto menyebutkan bahwa dengan terlaksananya kegiatan workshop RB ini diharapkan seluruh petugas Lapas Kediri dapat mempedomani petunjuk dan arahan dari giat Workshop RB.

“Harapan kita workshop RB ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang langkah-langkah praktis dan efektif Lapas Kediri dalam menerapkan prinsip-prinsip reformasi birokrasi dalam konteks pelayanan publik bagi tim RB nanti”, tutur Budi.

Hal ini sesuai dengan arahan KaKanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono, beliau juga berharap agar seluruh UPT di lingkungan Kemenkumham dapat belajar untuk pemanfaatan Digitalisasi dalam menjalankan pelayanan. ( Abus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.