JaBoDeTaBek

Program JKN Bantu Marissa Saat Kehamilan dan Persalinan

 

EKSNEWS.ID | JAKARTA TIMUR – Pedulibangsa.co.id – Jaminan kesehatan yang dihadirkan oleh pemerintah melalui Program JKN sejak tahun 2014 terus mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Hal tersebut terbukti dari kisah pengalaman Marissa Noor Cahyati (30), seorang peserta Program Bantuan Iuran (PBI) APBD yang telah terdaftar sejak tahun 2015. Marissa dengan senang membagikan pengalamannya pada saat melahirkan anak pertamanya di RSUD Matraman pada tahun 2023. Dirinya menjelaskan bahwa proses persalinannya berjalan dengan lancar dan merasa sangat terbantu oleh fasilitas serta pelayanan yang diberikan di rumah sakit tersebut dan Program JKN benar-benar membantu meringankan beban finansial keluarganya dalam hal biaya kesehatan.

“Pelayanan yang sudah saya dapatkan dari Program JKN sangat beragam dan mencakup seluruh kebutuhan kesehatan saya selama kehamilan. Setiap bulan saya rutin melakukan pemeriksaan kehamilan untuk memastikan kondisi saya dan bayi dalam keadaan sehat. Selain itu, saya juga mendapatkan konsultasi berkala dengan dokter kandungan di RSUD Matraman. Hingga, saya melahirkan anak pertama saya secara normal di rumah sakit tersebut. Semua pelayanan ini saya dapatkan dengan gratis, tanpa dikenakan biaya tambahan sedikit pun. Petugas administrasi melayani dengan ramah sehingga proses pendaftaran dan administrasi berlangsung dengan cepat dan lancar. Perawat dan bidan di rumah sakit tersebut sangat perhatian dan profesional dalam memberikan perawatan, memastikan bahwa saya merasa nyaman dan terjaga selama masa kehamilan hingga persalinan,” ungkap Marissa.

Marissa menambahkan bahwa pada saat berobat dirinya hanya perlu menunjukkan kartu JKN tanpa harus membawa berkas fotokopi tambahan. Meskipun harus mengantre, proses pendaftaran di fasilitas kesehatan tidak memakan waktu terlalu lama menurut penuturannya. Baginya seluruh tenaga kesehatan baik petugas administrasi, perawat maupun dokter di RSUD Matraman juga memberikan pelayanan yang memuaskan dengan sikap yang ramah dan profesional. Dokter yang menanganinya sangat berkompeten, memberikan penjelasan yang jelas dan rinci tentang kondisi kehamilannya serta tindakan medis yang diperlukan. Seluruh tenaga kesehatan di RSUD Matraman bekerja dengan penuh dedikasi dan empati, sehingga saya merasa sangat terbantu dan mendapatkan pelayanan terbaik selama di sana.

“Sebagai peserta JKN tentunya ingin menjadikan Program JKN lebih baik lagi sehingga saya memiliki beberapa masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan diantaranya seperti di rumah sakit meninjau manajemen jadwal dokter seperti salah satunya memastikan bahwa jadwal yang telah ditetapkan lebih konsisten dan akurat. Untuk BPJS Kesehatan dapat lebih responsif dalam menangani kebutuhan peserta yang sedang dalam perawatan sehingga proses administratif menjadi lebih cepat. Selain itu semua pelayanan yang diberikan sudah baik dan sangat membantu, saya berharap dengan adanya peningkatan dalam hal edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai hak dan manfaat yang mereka peroleh sebagai peserta JKN sehingga lebih banyak orang yang dapat memanfaatkan program ini secara optimal,” ujar Marissa.

Diakhir perbincangan Marissa menyimpulkan bahwa kehadirkan BPJS Kesehatan ditengah masyarakat Indonesia sangatlah membantu sekali karena dapat menjamin kesehatan peserta JKN sesuai dengan indikasi medis. RSUD Matraman sebagai pemberi pelayanan kesehatan juga sudah sangat optimal melayani peserta JKN dengan tenaga medis yang ramah dan sigap. Inovasi yang telah dihadirkan oleh BPJS Kesehatan juga sangat membantu dirinya dalam mengakses administrasi kepesertaan seperti Aplikasi Mobile JKN. Marissa berharap semoga BPJS Kesehatan bersama fasilitas kesehatan terus mempertahankan kinerja baiknya bahkan bisa untuk semakin ditingkatkan kembali demi memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN. ( Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *