Daerah Unggulan

Forum APDESI Luas Sepakat Goro Demi Selamatkan Rumah Warga Dari Longsor

EKSNEWS.ID |  Kaur Bengkulu –  Forum Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) 5 Desa se- Kecamatan Luas Kabupaten Kaur sepakat untuk melaksanakan Gotong Royong (Goro) demi selamatkan rumah warga dari longsor, Jum’at (19/4/2024).

Akibat longsor di jalan penghubung Transos dan Desa Benua Ratu Kecamatan Luas Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu, satu rumah nyaris ikut longsor.

Dari hasil konfirmasi langsung dengan Ketua Forum Kades atau disebut APDESI Sirajudin mengatakan, maka Pemerintah berinisiatip untuk membagi saluran air hujan dengan membongkar jalan, membuat saluran baru, Ujarnya.

Dikatakan oleh Ketua Forum Kades karena gorong- gorong sudah tertimbun, maka Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kaur mengerahkan alat Eksavator untuk membantu mengeruk pembagian saluran air tersebut.

Forum APDESI dibantu dengan masyarakat Lima Desa siap melakukan bergotong royong dengan rela niat lillahi ta’ala tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Harapan Camat Kecamatan Luas yang disampaikan Ujang Aswadi, S.Pd dan Kepala Desa memohon kepada pemerintah untuk segera membangun jalan tersebut, karena jalan itu akses masyarakat menuju lahan pertanian dan perkebunan.

Salah satu diantaranya dari narasumber masyarakat Desa setempat Buyung juga mengharapkan kapan pihak pemerintah daerah untuk membangun dan menimbun jalan ini, Kata Buyung masyarakat saat di wawancara.
Karena pemilik rumah atas nama Buyung terancam akan terbawa longsor, dan posisi rumah nya sekarang ini sudah separuh tergantung sebagian terbawa longsor tinggal menunggu hitungan detik, Tutup Buyung.

(Jusri)

Sumber : Forum APDESI Kecamatan Luas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.