Nasional

Dewan Pers Akui SMSI dan AMSI Jadi Konstituen

EksNews | Dewan Pers memutuskan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Asosiasi Media Siber Indonesia ( AMSI) sah menjadi konstituen Dewan Pers. Dengan demikian, para anggota kedua organisasi media online ini menjadi bagian dari keluarga pers yang mengikuti koridor Dewan Pers.

Sebagai konstituen Dewan Pers, SMSI dan AMSI akan bersama-sama delapan organisasi lainnya yang telah lebih dulu menjadi konstituen: Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Serikat Perusahaan Pers (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI) serta Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) dan Pewarta Foto Indonesia (PFI).

Ketua Umum SMSI Firdaus (Teras Group) mengaku lega dan siap mengemban amanah yang diberikan Dewan Pers. “Alhamdulilah, kami segenap pengurus SMSI Pusat dan daerah menyatakan siap menjaga integritas, kemerdekaan pers, dan amanah Dewan Pers,” kata Firdaus, Minggu, 24/5/20.

Keputusan SMSI dan AMSI menjadi konstituen ini diambil dalam rapat pleno virtual Dewan Pers di Jakarta melalui zoom meeting oleh Ketua Dewan Pers Prof.M Nuh, Sabtu, 23/5/20 sore. Penetapan menjadi konstituen Dewan Pers itu, menurut Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch. Bangun, karena kedua organisasi ini sudah memenuhi syarat yang diatur dalam Peraturan Dewan Pers tentang Organisasi Perusahaan Pers.

”Betul melalui Pleno Dewan Pers sudah memutuskan SMSI dan AMSI menjadi konstituen kita,” ujar Hendry. Dia berharap, kedua organisasi harus secara terus menerus membantu anggotanya agar dapat bertahan sebagai perusahaan pers yang berkualitas, taat pada UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dalam karya jurnalistiknya.

“Diharapkan SMSI dan AMSI ikut membantu Dewan Pers dalam menjaga Kemerdekaan Pers dan membuat masyarakat semakin faham akan tugas pers dan agar wartawan sebagai karyawan memproduksi karya jurnalistik yang berkualitas,” ujar Hendry.

Senada dengan itu, anggota Dewan Pers Agus Sudibyo juga berharap status sebagai konstituen Dewan Pers digunakan sebaik-baiknya. “Semoga bisa membawa marwah organisasi dengan baik dan professional,” ujar Agus Sudibyo. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *