Politik Unggulan

Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Sudah Sowan ke Mendagri Tito Karnavian

EksNews | Calon tunggal Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Komjen Listyo Sigit Prabowo melanjutkan silaturahmi dan anjangsana kepada para mantan Trunojoyo 1 (sandi untuk jabatan merujuk ke orang nomor satu di Mabes Polri). Pada Senin, 18/1/21, giliran Mendagri Tito Karnavian yang pernah menjadi Kapolri 2016-2019 yang mendapat kunjungan.

“Ya sama dengan saya juga. Saya juga waktu itu umur 51 lebih, Pak Sigit 51 lebih. Tadi juga Pak Sigit ke kediaman, tadi pagi jam 08.00 WIB lewat dikit, dengan ibu Sigit. Saya sangat menghargai Pak Sigit yang datang ke para mantan Kapolri. Selain meminta masukan, juga minta restu,” kata Tito di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 18/1/21.

Menurut Tito silaturahmi dan anjangsana itu memang sudah tradisi Polri. “Kita menghormati senior, saya juga sering begitu dulu. Sama tadi pagi juga, prinsipnya Pak Sigit ingin meminta masukan-masukan. Dan saya juga meminta masukan-masukan,” tambah dia.

Dia mengungkapkan, Sigit meminta masukan kepadanya untuk membuat soliditas di internal Polri. Sebab, masih banyak senior di atasnya yang akan dipimpinnya.

“Kedua bagaimana memperkuat soft approach dengan jajaran binmas, kemudian disamping kinerja lain dalam penegakan hukum yang tegas. Itu juga soft approach yang lain, dengan kegiatan binmas terutama,” jelas mantan Kapolri ini.

Kemudian, Tito memohon dukungan dari Sigit, terkait tugasnya sebagai Mendagri untuk menyukseskan Pilkada 2020 yang saat ini memasuki sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, hal itu perlu kerjasama antara Kemendagri dan Polri.

“Karena ini salah satu tugas dari Kemendagri, ujung tombak pemerintah dalam Pilkada. Sudah kita lalui Tapi masih ada ekornya, I sengketa di MK. Ini juga jangan sampai terjadi konflik. Ini memerlukan kerja sama Kemendagri dan didukung oleh stakeholder semuanya termasuk Polri,” ucapnya.

Kemudian, Tito dan Sigit membicarakan situasi di Sulawesi Tengah dan situasi di Papua untuk kerjasama Polri dengan Kemendagri ke depan. Di samping itu, mereka membicarakan tentang kerja sama Polri dengan Kemendagri untuk saling mendukung membantu Presiden Jokowi mengatasi masalah vaksinasi, pandemi, kemudian bagaimana agar bantuan sosial cepat dan tepat sasaran.

“Karena salah satu pesan dari bapak presiden, adalah untuk membuka iklim investasi yang baik, kondusif, baik untuk dalam negeri, swasta, maupun dari luar negeri. Iklim ini perlu didukung oleh semua pihak, termasuk Kemendagri khususnya jajaran pemerintah daerah dan itu saya meminta pada Pak Kapolri, Pak Sigit,” tuturnya.

“Nanti saya sampaikan ke Pak Kapolri langsung saja. Insya Allah tak ada halangan, untuk juga sama-sama membangun iklim itu. Jangan sampai ada pungutan liar yang bisa menghambat investasi,” tandasnya. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.