JaBoDeTaBek Unggulan

Kapolda Inspeksi Kawasan Tangguh Jaya Bogasari

EksNews | Kapolda Metro Jaya, Irjen M Fadil Imran berkunjung ke Kawasan Tangguh Jaya di komplkes PT Bogasari Flour Mills Cilincing, Jakarta Utara, Selasa, 20/4/21. Dalam kunjungan kerja itu Kapolda FI didampingi Pejabat Utama Polda Metro Jaya dan Direktur PT Indofood Sukses Makmur, Franky Welirang, Kepala Divisi PT Boga Sari, serta beberapa unsur pimpinan staff PT Boga Sari.

Pada kesempatan ini Kapolda Metro Jaya mengecek langsung pelaksanaan protokol kesehatan di kompleks perusahaan produsen tepung terigu itu. “Dari peninjauan ini dan penjelasan yang telah dijelaskan, terlihat bahwa protokol kesehatan dilakukan dengan sangat baik. Dimulai dari pintu masuk dan keluar terdapat kontrol terhadap para karyawan, terdapat teknologi face recognition juga untuk mengidentifikasi karyawan jika tidak menggunakan masker,” jelas Kapolda Metro Jaya.

Dalam inspeksi tersebut Irjen Fadil berkeliling memeriksa area luar pabrik hingga zona produksi di dalam PT Bogasari. Saat meninjau area luar, Fadil menyempatkan diri untuk melihat akses masuk dan keluar pabrik yang telah dipasangi alat untuk mendeteksi orang yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker.

“Bagaimana pintu keluar-masuk melakukan kontrol karyawan ada teknologi dengan mengenali bagi yang tidak pake masker. Sehingga ketelitian dan antrian bisa efektif dan efisien,” ujarnya.

Salah satu protokol kesehatan di Kawasan Tangguh Jaya ini adalah melakukan area karantina (lockdown) apabila ditemukan karyawan yang positif COVID-19 “Jika ada indikasi, ada ‘rapid test’, isolasi dan penutupan atau di-‘lockdown’ unitnya. Ini proses hulu ke hilir dalam proses industri ini luar biasa,” kata Kapolda.

Kawasan Tangguh Jaya adalah adaptasi dari program Kampung Tangguh Jaya besutan Irjen Pol Fadil Imran untuk menekan penyebaran COVID-19 di wilayah Hukum Polda Metro Jaya.

Kampung Tangguh Jaya akan dibentuk di semua zona merah penyebaran virus COVID-19 yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Setiap Kampung Tangguh memiliki tugas 3T, yaitu pelacakan, tes dan penanganan (tracing, testing, treatment) di setiap RW.

Petugas juga akan memantau perkembangan setiap pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 jika sedang melakukan isolasi mandiri. Khusus Bogasari, Kapolda berharap dengan kelengkapan produksi yang baik serta penerapan protokol kesehatan yang sangat bagus di area industri, PT Bogasari dapat menjadi contoh bagi industri atau perusahaan lainnya agar tetap produktif dan waspada terkait penyebaran Covid-19. ~Abus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.